6 Cara Belajar Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

KlikCara.com - Belajar mengendarai motor merupakan salah satu pengalaman yang harus dilewati bagi sebagian besar anak yang telah beranjak remaja. Mengendarai motor bukan hanyalah sekedar gaya-gayaan, namun dari berbagai artikel mengenai hard dan softskill, mampu mengendarai kendaraan merupakan salah satu skill yang baik untuk melatih keseimbangan motorik. Bukan hanya itu, mampu mengendarai kendaraan tentu saja bisa membantu dalam mengerjakan dan menjalankan aktifitas sehari - hari yang perlu dilakukan di tempat yang jauh.

Cara Belajar Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

Banyak jenis motor yang bisa dipelajari, beberapa yang umum diantaranya adalah motor yang menggunakan gigi, matic dan juga motor sport. Namun sekarang ini keberadaan motor matic yang telah merambah di seluruh jalan di kota membuktikan bahwa motor matic cukup popular saat ini.

Bukan hanya karena kepopulerannya, motor matic memang salah satu jenis motor yang sederhana, tidak menyusahkan dan mudah untuk dipelajari. Banyak sekali orang yang lebih senang mempelajari mengendarai motor matic daripada jenis motor lainnya. Bahkan dari pengalaman banyak orang, adakala mitos mengenai bahwa jika anda tidak mampu mengendarai sepeda maka tidak akan bisa mengendarai motor bisa dipatahlan dengan hanya mempelajari motor matic.

Oleh karena itu bagi anda yang merasa ingin memperlajari mengendarai motor matic anda tidak perlu ragu-ragu untuk memulai. Beberapa tips di bawah ini merupakan cara belajar mengendarai motor maic bagi pemula.

1. Kenali bagian-bagian motor dengan baik

Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah mengenali bagian motor dengan baik beserta fungsinya. Walaupun ini terdengar sangat mudah, namun mengenali bagiannya sangatlah penting demi keselamatan anda. Misalnya anda perlu mengetahui letak gas, rem, stir, klakson, lampu weser dan lain-lainnya, beserta fungsinya dan bagaimana bagiannya saling berkaitan. Hal ini penting agar tidak panik saat ingin menggunakan bagian motor tersebut. Pengalaman dari banyak orang yang belajar naik motor adalah mereka terjatuh karena saat panik mereka langsung menarik gas tinggi ataupun menggunakan rem cakram yang memang cukup berbahaya jika digunakan secara mendadak atau tiba-tiba.

2. Pilih tempat latihan yang aman

Tips kedua yang sangatlah penting adalah memilih tempat yang aman. Memilih tempat yang aman seperti di wilayah yang datar dan tidak berbatu merupakan hal penting. Berlatih di lapangan atau di jalan yang sepi seperti di run track juga merupakan pilihan yang baik. Hal tersebut bisa mengurangi resiko terjatuh, ataupun luka yang parah jika diminta-minta terjatuh dari motor.

3. Belajar menggunakan gas dengan baik

Setelah memilih tempat yang aman, segeralah untuk mempelajari motor matic secara langsung. Anda harus menekan tombol start dan menarik rem motor secara bersamaan agar gas bisa menyala. Beberapa motor matic tidak akan menyala jika standart samping motor masih dipakai. Anda mesti mengulang-ulang menyalakan gas motor serta belajar untuk bisa mengontrol naik turunnya gas. Sebab jika tidak menguasai itu bisa sangat bersiko untuk keselamatan para pemula saat belajar mengendarai motor.

4. Melatih keseimbangan

Melatih keseimbangan adalah inti dari belajar naik motor dengan jenis apapun. Jika telah mampu menggunakan gas dengan benar anda bisa mulai menjalankan motor dan dengan perlahan menaikkan kaki dari pijakan. Di awal mungkin akan sulit dan sesekali setelah mengangkat kaki akan segera diturunkan lagi. Hal itu wajar saja dan tidak perlu terburu-buru untuk langsung bisa. Ulangi berkali-kali mengangkat satu kaki anda di atas motor hingga perlahan jika telah terbiasa kedua kaki akan bisa diangkat semuanya. Jika keseimbangan telah baik maka motor bisa anda kendarai hingga 1 sampai 2 putaran, hingga akhirnya bisa dikuasai sepenuhnya.

5. Didampingi dengan orang yang berpengalaman

Banyak dari orang yang tak mampu belajar sendiri. Anda bisa meminta tolong orang yang telah berpengalaman mengendarai motor dan mengusahakan untuk didampingi oleh orang yang tingginya lebih tinggi daripada anda yang sedang belajar. Di awal orang yang mendampingi para pemula dalam belajar naik motor bisa bertindak sebagai orang yang dibonceng, dengan cara seperti ini maka melatih keseimbangan akan lebih mudah karena orang tersebut mampu menggunakan kakinya di belakang sebagai penyeimbang. Namun ada beberapa orang yang merasa lebih sulit jika harus membonceng orang saat belajar. Tidak masalah, orang yang mendampingi bisa saja hanya membantu memegang motor dari belakang saat anda sedang belajar. Tapi dengan cara tersebut tentunya akan membuat mereka cepat lelah

6. Mengumpulkan keberanian

Cara-cara yang telah dipaparkan di atas tidak akan anda gunanya jika tidak memiliki keberanian yang tinggi. Kunci keberhasilan dari belaja mengendarai motor adalah berani. Jangan pernah takut jatuhdan terluka, bukankah bangkit akan terjadi setelah kita jatuh? Maka anda harus mengumpulkan keberanian yang tinggi saat ingin belajar mengendarai motor.

Baca Juga :
Nah itulah beberapa cara belajar mengendarai motor matic bagi pemula. Semoga manfaat dari tulisan diatas mampu membantu anda belajar dengan baik. Tidak perlu takut mencoba agar apa yang menjadi tujuan anda bisa anda raih. Terima kasih......

0 Response to "6 Cara Belajar Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula"

Post a Comment