4 Tips Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir

klikCara.com - Setelah bayi lahir, pastinya membutuhkan perawatan yang khusus bin spesial, salah satunya terhadap tali pusatnya. Tali pusat memang organ penting untuk bayi terutama ketika bayi masih dalam rahim.Namun setelah lahir, tali pusat sudah tidak diperlukan lagi bagi si bayi.Untuk itu perlu ada perawatan khusus untuk tali pusat bayi.Tali pusat harus dipotong dan dibalut dengan pelindung seperti kain kasa.Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tetanus pada bekas potongan tali pusat. Sebenarnya tali pusat ini akan lepas dengan sendirinya dalam jangka waktu 1 sampai 2 minggu. Untuk anda yang belum tahu tentang cara merawat tali pusat bayi, di sini akan kami sajikan beberapa tips perawatan tali pusat bayi baru lahir yang benar.

  Tips Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir  

Tips Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Tips-tips perawatan tali pusat bayi yang baru lahir

1. Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam merawat tali pusat bayi yang baru lahir adalah membersihkan tali pusat dengan kapas yang dibasahi dengan larutan alcohol. Penggunaan alcohol ini berfungsi agar tali pusat steril dan tidak terkena infeksi. Karena alamiahnya tali pusat ini akan mengering sendiri, maka tidak disarankan menggunakan penggunaan obat-obatan lain. Pastikan juga anda rajin mengganti kain kasa yang membalut tali pusat bayi. Lakukan penggantian kain kasa harus dilakukan secara hati-hati, untuk lebih aman mintalah saran dari dokter anda mengenai cara yang tepat dalam mengganti kain kasa pada tali pusat.
2. Tips perawatan tali pusat bayi baru lahir yang selanjutnya adalah dengan memandikan bayi dengan cara yang benar. Bayi cukup dimandikan dengan cara mengusapkan handuk basah saja. Gunakan air hangat untuk membasahi handuknya agar bayi merasa lebih nyaman. Cara ini dilakukan agar tidak terjadi kontak langsung antara tali pusat dan air, sehingga dapat mempercepat proses pengeringan tali pusat.

3. Ketika menggunakan popok, anda juga perlu hati-hati. Lebih baik popok digunakan di bawah pusat dan tidak sampai menyentuhnya.Sementara penggunaan gurita bagi bayi diperbolehkan asal ikatan gurita tidak terlalu ketat.Untuk pakaian yang digunakan juga disarankan agar yang longgar dan tidak menekan bagian tali pusat.

4. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti infeksi, anda harus segera menghubungi dokter agar dapat segera ditindaklanjuti dan tidak sampai terjadi iritasi. Tali pusat yang terinfeksi cenderung berwarna kemerah-merahan dan bahkan muncul nanah sehingga akan menimbulkan rasa sakit bagi si bayi. Usahakan agar tali pusat yang sudah demikian tidak disentuh agar infeksi yang terjadi tidak bertambah parah.
Nah beberapa langkah merawat tali pusat bayi yang baru lahir di atas memang sebaiknya diaplikasikan agar tali pusat dapat mengering secara alami dan lepas dengan sendirinya. Perawatan yang tepat pada tali pusat ini juga akan berimbas pada kesehatan bayi. Untuk itu tidak bisa sembarangan dalam merawat tali pusat bayi baru lahir.

0 Response to "4 Tips Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir"

Post a Comment