4 Tips Membedakan Batu Akik Garut Asli dan Palsu

Batu Akik - Cara membedakan batu garut hijau asli dan palsu. Batu garut merupakan salah satu jenis batu yang banyak dicari oleh kolektor ditanah air. Warna hijau khas dari batu akik garut, mampu membuat harganya tembus hingga puluhan juta rupiah. Meskipun harganya kian selangit, ternyata banyak orang yang tetap mencari batu jenis ini dalam melengkapi koleksinya. Terlebih batu akik garut memiliki tampilan yang sangat memukau. Batu akik berwarna hijau menawan ini bisa didapatkan didaerah Jawa Barat. Merupakan suatu kebanggaan pasalnya, Indonesia mempunyai sejumlah wilayah yang memiliki batu-batu mulia dan bernilai hingga puluhan juta rupiah. Tidak menguntungkan para penggemar batu akik saja, namun demam akik ini juga menguntungkan orang-orang disekitar daerah pemilik batu akik untuk bisa menggali dan menjualnya pada pengolah kreasi batu akik.

  Inilah Ciri Batu Akik Garut Hijau  

Batu Akik Garut Hijau

Semakin mahal dan jarangnya batu hijau garut, maka semakin banyak cara yang dilakukan oleh pedagang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya dengan cara modus, yakni memanipulasi batu akik garut dan dijualnya dengan harga asli. Salah satunya dengan melakukan pewarnaan pada jenis batu lain sehingga warnanya bisa persis dengan batu akik garut.

Supaya tidak terjadi korban modus, anda perlu mengetahui beberapa cara membedakan batu akik garut asli dan palsu berikut ini :

1. Batu akik asli memiliki warna hijau yang intensif dapat seluruh bagian permukaan. Sementara batu garut imitasi warna hijaunya tidak menyeluruh sehingga anda harus meneliti dengan jeli.

2. Batu garut asli, akan memunculkan serat kayu serta gelembung seperti awan jika disorot dengan menggunakan lampu senter. Sedangkan, batu garut palsu tidak bisa memunculkan serat ataupun gelembung.

3. Memiliki warna pekat pada bagian permukaan, sementara garut palsu warnanya cukup mengkilap saja.

4. Jika dibakar tidak melelah, sementara batu garut imitasi akan meleleh jika dibakar karena terbuat dari plastik.

Jangan Lewatkan Tips Batu Asli Lainnya :

Beberapa ciri asli dari batu garut tersebut, akan membantu anda untuk mendapatkan batu garut asli secara mudah. Jadi, sahabat klikcara.com mesti melakukan penelitian secara cermat supaya tidak terkena modus oleh para penjual batu akik.

0 Response to "4 Tips Membedakan Batu Akik Garut Asli dan Palsu "

Post a Comment