Mengetahui Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Tips Laptop - Ketahuilah ada beberapa penyebab komputer dan laptop anda menjadi lemot dan bagaimana cara mengatasinya. Permasalahan komputer ataupun laptop yang lambat dalam bekerja memang sering kali merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tertunda karena kinerja komputer yang lambat. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa komputer dan laptop menjadi lambat.

Mengetahui Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya


- Sistem Registry: Pada intinya adalah semakin banyak software-software yang anda install dalam komputer maka semakin bertambah pula sistem registry baru yang tersimpan dan bekerja dalam komputer anda.

- Ruang Harddisk: Usahakan memberikan ruang kosong yang cukup pada hardisk anda, jangan terlalu penuh.

- Antivirus: Jelas sekali kehadiran antivirus akan sangat membuat komputer kita berjalan sangat berat, maka hal yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah menyesuaikan spesifikasi komputer dengan antivirus yang digunakan (prosessor, memori,dll).

- Spyware: Spyware adalah program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan anda, solusi cuma satu hapus spyware tersebut dengan anti spyware yang ter-update.
Tenang saja walaupun banyak sekali penyebab terjadinya lemot pada computer tetap saja ada cara untuk mengatasinya. Tapi Cara mengatasi laptop lemot bukanlah pekerjaan yang mudah, dimana kita benar – benar harus jeli dalam mendiaknosa penyebab dari kenapa laptop menjadi lemot. Berikut ini adalah tips – tips untuk mempercepat kinerja computer PC dan Laptop, antara lain :
  1. Spesifikasi Komputer: Anda harus bijak memilih spesifikasi komputer, carilah komputer sesuai dengan kebutuhan anda, bedakan komputer yang dibuat game, graphic design dan komputer yang digunakan untuk hal-hal yang tidak membutuhkan sumber daya besar, jika komputer game jangan gunakan komputer dengan spesifikasi yang minimalis.
  2. Sistem Security: Jika spesifikasi komputer anda layak gunakan antivirus yang memadai pula, pada intinya antivirus sangat memberatkan, namun jika komputer anda layak maka efeknya tidak seberapa, jika komputer lama kemudian anda pasang dengan antivirus yang besar tentu saja komputer anda akan sangat terbeban sumberdaya.
  3. Software: Hapus atau uninstall sofwtare yang tidak begitu dibutuhkan, hal ini akan berhubungan dengan sistem registry, sering install lalu uninstall juga akan berpengaruh pada kinerja komputer.
  4. Loading Startup: Banyak software yang terinstal mulai bekerja saat komputer mulai berjalan (startup), supaya loading tidak memakan banyak waktu atau lama, matikan saja sistem auto start pada software tsb. menggunakan CCleaner, lihat disni caranya.
  5. Defrag Harddisk: Pengertian defragmentasi adalah sebuah proses penataan kembali file-file pada hard disk yang bercerai-berai untuk dikumpulkan kembali sehingga mempercepat saat file tersebut dibuka, gunakan software Defraggler yang dapat diunduh secara gratis.
  6. Registry Cleaner: CCleaner adalah software gratis yang membersihkan, mempercepat dan mengoptimalkan kinerja secara luas pada komputer PC atau laptop anda.
Demikianlah sedikit pengetahuan tentang penyebab terjadinya lemot pada laptop serta cara mengatasinya. Silahkan rawat secara baik computer atau laptop anda dengan jangan menginstal aplikasi yang banyak, selalu update antivirus dan upgrade komponen computer anda dengan komponen yang lebih baik.

1 Response to "Mengetahui Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya"

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    ReplyDelete