5 Tips Menangani Konsumen Yang Sering Membandingkan Harga

Tips UsahaDalam dunia bisnis Anda pasti akan bertemu orang dengan berbagai karakter. Menemui konsumen dengan karakter yang unik juga bukanlah hal yang tidak mungkin. Ketika Anda menemui konsumen dengan karakter unik, sebagai penjual Anda harus selalu sabar dan selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen Anda. Salah satu karakter konsumen yang paling sering kita jumpai adalah konsumen yang suka membandingkan harga. Meskipun hal itu adalah hal yang wajar dalam transaksi jual beli, tapi sebagai penjual profesional kita harus tahu terlebih dahulu cara menghadapi konsumen yang datang bertanya hanya untuk membandingkan harga. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi konsumen dengan karakter diatas:
Tips Menangani Konsumen Yang Sering Membandingkan Harga

Panduan Cara Mengatasi Konsumen yang Sering Membandingkan Harga


Pertama, tetap bersikap tenang dan jangan mudah terpengaruh.  Ketika Anda menemui konsumen aktif yang membandingkan harga, jangan langsung menurunkan harga. Karena bisa saja itu adalah trik dari konsumen untuk mendapatkan produk Anda dengan harga yang murah. Cobalah untuk menyampaikan pada konsumen bahwa harga tersebut telah sesuai dengan kualitas barang yang Anda tawarkan dan sampaikan dengan cara yang lebih persuasif tetapi jangan melebih-lebihkan.
Kedua, cobalah untuk mencari tahu profil calon konsumen Anda. Mengetahui profil konsumen bisa berupa kebudayaan di daerah anda berbisnis misalnya gaya beli setiap provinsi di negara ini cenderung berbeda-beda, jadi tidak heran jika di daerah tertentu sangat kuat budaya membandingkan harga sebelum mereka memutuskan membeli sebuah produk. Dengan lebih mengetahui kebudayaan dan latar belakang calon konsumen akan memudahkan Anda menjual produk.

Baca juga : Cara Mudah Menarik Perhatian Konsumen

Ketiga,  Perbedaan atau variasi dalam harga adalah hal yang wajar. Karena setiap pengusaha memiliki perhitungan tersendiri untuk menjual produk atau jasanya. Tentunya setiap konsumen pasti ingin mendapatkan produk yang berkualitas namun dengan harga murah. Namun janganlah berkecil hati, tetaplah percaya diri dengan harga yang Anda tawarkan karena harga produk Anda sebanding dengan kualitas produk Anda. Cobalah untuk memasang price list dalam website anda agar konsumen dapat mengetahui produk Anda sebelum membeli langsung. 

Keempat, Kuncinya adalah kualitas berbanding lurus dengan harga, artinya ada harga ada kualitas. Dalam dunia bisnis Anda harus mengedepankan kualitas dari produk yang Anda jual. Tetap jaga kredibilitas bisnis kita dengan memberikan harga sesuai kualitas. Anda juga dapat memberikan pemahaman mengenai kelebihan produk Anda kepada konsumen.

Kelima, Cobalah untuk selalu bersikap jujur dan terbuka mengenai jasa dan produk yang Anda sajikan. Jangan pernah untuk memanfaatkan ketidaktahuan konsumen. Sehingga Anda dapat menjadi produsen yang terpercaya bagi konsumennya. Hal ini dapat membuat konsumen menjadi pelanggan setia produk Anda. 

Demikianlah berbagai tips untuk menangani konsumen yang membandingkan harga. Meski demikian apa yang sahabat klikcara.com lakukan jangan sampai menyinggung perasaan konsumen sehingga bisa membuat dia tidak jadi membelu produk anda.

0 Response to "5 Tips Menangani Konsumen Yang Sering Membandingkan Harga"

Post a Comment