4 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Untuk Ortu Pemula

Klikcara.com - Bagi orang tua yang baru pertama kali melahirkan anak, tentu saja mereka belum begitu mengerti bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Malahan, ada beberapa orang tua yang masih merasa takut dan khawatir ketika memandikan bayinya. Akhirnya, mereka biasanya akan menggunakan jasa bidan atau dukun bayi yang dirasa lebih berpengalaman memandikan sang bayi yang baru lahir. Namun, tak mungkin bukan jika anda terus-terusan menggunakan jasa bidan atau dukun bayi pada saat ingin memandikan bayi.

  Cara Memandikan Bayi Baru Lahir   

Cara memandikan bayi
Makanya, tak ada salahnya anda mengetahui cara memandikan bayi baru lahir selengkapnya berikut ini:

1. Menyiapkan keperluan mandi bayi

Hal utama dan paling utama ketika anda mau belajar memandikan sang bayi adalah menyiapkan semua keperluan yang dibutuhkan. Apa saja kira-kira keperluan untukmandi sang bayi. Selain air hangat, anda juga butuh bak mandi untuk bayi, handuk yang lembut, dan sabun bayi. Tentunya, jika anda sudah menyiapkan sedari awal, nantinya anda akan lebih mudah saat memandikan bayi.

2. Memperhatikan suhu air yang digunakan

Sangat jarang sekali jika orang tua langsung memandikan bayinya yang baru lahir dengan air dingin.Tentu saja kebanyakan dari mereka menggunakan air hangat untuk memandikan bayinya. Salah satu cara memandikan bayi baru lahir yang terkait dengan air adalah perhatikan suhu air yang digunakan. Anda sebagai orang tua harus mengecek dulu apakah air hangat yang digunakan sudah pas digunakan untuk mandi sang bayi. Suhu air hangat yang pas untuk bayi sekitar 36 sampai 37 derajat celcius.Atau lebih mudahnya, anda bisa mengeceknya dengan mencelupkan siku anda.Jika siku tidak merasa panas atau dingin, berarti air hangat tersebut sudah pas digunakan untuk mandi si kecil yang baru lahir.

3. Jangan menggunakan air dingin

Jangan menggunakan air dingin untuk memandikan sang bayi. Mungkin hal tersebut sudah disinggung dipoint sebelumnya. Tetapi, anda belum mengetahui alasan mengapa sang bayi tidak diperbolehkan untuk mandi dengan air dingin. Bayi adalah makhluk yang sensitive, tentu saja kulitnya juga sangat sensitive.Selain air dingin bisa membuat bayi menggigil, air dingin juga bisa membuat kulitnya cepat kering. Itulah sebabnya mengapa sang bayi dianjurkan untuk mandi dengan air hangat supaya kulitnya masih tetap mulus dan halus.

4. Perhatikan sabun bayi

Seperti halnya dengan orang dewasa, ketika anda memandikan bayi, anda juga wajib menggunakan sabun agar sang bayi bersih dari kuman dan harum ketika anda menciumnya. Namun, ada yang mesti anda perhatikan saat memilih sabun untuk bayi.Jangan memilih sabun deterjen atau sabun yang bahan kimianya tinggi karena sabun yang seperti itu bisa membuat bayi iritasi kulit. Terlebih lagi, jika anda menggunakan sabun yang sembarangan, kulit bayi juga akan cepat kering. Pastinya anda tak mau bukan jika sabun malah membahayakan bayi.Makanya, gunakan sabun yang dibuat khusus untuk bayi saat anda memandikan si kecil dan jangan terlalu banyak busa agar kulit bayi tidak kering.

Semoga informasi tentang tips memandikan bayi di atas bermanfaat bagi para pembaca!

0 Response to "4 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Untuk Ortu Pemula"

Post a comment