7 Cara Mengantisipasi Penolakan Proposal Bisnis

Tips Bisnis - Pada saat Anda menyusun sebuah proposal bisnis business plan, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari ide hingga pelaksanaanya sendiri. Hal tersebut akan sangat menguras tenaga dan pikiran Anda.

  Langkah yang Dilakukan Jika Proposal Bisnis Ditolak  

Cara Mengantisipasi Penolakan Proposal Bisnis Selain itu dalam perencanaan bisnis Anda juga harus berhati – hati dalam melangkah, agar tidak terjerumus dalam lubang yang salah ketika baru memulai. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari untuk masuk dalam jajaran business plan, seperti dibawah ini :
Mengutamakan bentuk daripada subtansi, dapat diartikan dengan mengutamakan dari segi bentuknya saja tanpa mempedulikan subtansi dalam hal fakta dan riset. Karena ada baiknya bila Anda menghemat tenaga untuk mengerjakan yang lainnya.

Klaim palsu, akan berakibat fatal terhadap bisnis Anda. Apalagi bila masih dalam tahap awal atau tahap merintis sebuah usaha. Klaim palsu akan menimbulkan ketidakpercayaan publik terhadap bisnis Anda. lebih baik Anda menyingkirkan jauh jauh sebuar pernyataan apabila tidak di dukung dengan bukti yang valid.

Rumor, jangan Anda bermain-main dengan hal satu ini. Apabila Anda sampai menyelipkan sebuah rumor dalam business plan maka akan banyak timbul pertanyaan tentang isi bisnis dari para investor. Keadaan ini dapat mengancam kredibilitas Anda dan perusahaan.

Rumor tentang pesaing, memang tidak ada salahnya mengambil kasus atau kesalahan dari pesaing dalam business plan Anda untuk menaikkan nilai jual terhadap produk yang sama. Namun perlu hati – hati apabila Anda ingin bermain-main dengan hal satu ini, karena bila salah sedikit saja Anda dapat terjebak dalam rumor yang tidak berdasar.

Kata superlatif dan kata sifat yang terlalu kuat, menggunakan kata “paling” atau “ter” memang tidak masalah untuk menghiasi sesekali business plan Anda. Kata tersebut akan mengesankan bahwa bisnis Anda terpercaya dan optimis. Namun bila terlalu sering penggunaanya, akan berakibat kurang baik bagi bisnis Anda. Maka Anda perlu berwaspada dengan kata tersebut agar tidak mendapatkan hal yang mengecewakan bagi business plan yang akan dijalankan. Ingat juga bahwa semua yang berlebihan tidaklah baik, sekalipun hanya sebuah kata-kata pemanis.

Baca juga : Tips Mengembangkan Modal Usaha

Proyeksi finansial yang berlebihan, salah satu kesalahan dalam business plan yang sering terjadi adalah memberikan proyeksi keuangan yang bombastis. Mungkin awalnya investor akan percaya kepada Anda, namun lambat laun hal in akan membuat investor tidak percaya kepada bisnis Anda. Tidak hanya akan membuat business plan Anda terasa amatir, tetapi juga membuat Anda terlihat seperti pembual.

Gimmick, hindari gimmick dalam business plan Anda. Ingat Anda tidak sedang berjualan. Gimmick hanya membuang waktu Anda. Disini Anda ingin memperkenalkan ide bisnis  pada pihak lain dan gimmick bukan alat yang tepat. Hindari kesan untuk dikasihani.

Demikianlah berbagai cara untuk mengantisipasi penolakan proposal bisnis anda. Semoga bisa bermanfaat dan proposal anda segera mendapat persetujuan dari investor. 

0 Response to "7 Cara Mengantisipasi Penolakan Proposal Bisnis"

Post a Comment