5 Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat Dan Strategis

Strategi BisnisUntuk mendirikan usaha tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti modal, ide bisnis, tempat, dan anggaran. Memilih tempat usaha harus berhati-hati karena akan mempengaruhi kinerja ke depan. Anda harus mempertimbangkan baik-baik dimana akan mendirikan usaha.

  Cara Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis  

Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat Dan StrategisDengan memilih lokasi yang tepat, tentu akan membantu bisnis Anda untuk meraih kesuksesan. Sehingga tidak ada kata asal berdiri dalam memilih bisnis. Untuk memilih lokasi yang tepat, silahkan lakukan beberapa tips di bawah ini.
1. Mudah ditemukan

Menjadi point yang sangat penting adalah memilih lokasi yang mudah ditemukan. Dengan mudah ditemukan tentu pelanggan tidak akan kerepotan mencari Anda. Ini juga menjadi nilai plus karena Anda bukan hanya kedatangan pelanggan dari sisi marketing tetapi juga para pelanggan yang tidak sengaja menemukan Anda.

2. Dekat dengan target

Pada saat Anda menentukan ide bisnis yang akan dijalankan, tentu target pasarpun sudah ada di daftar. Jika sudah pilihlah tempat yang dekat dengan target. Apabila anak-anak dan remaja yang menjadi targetkan, Anda bisa memilih tempat dekat dengan sekolah atau kampus. Dengan begitu, usaha Anda akan lebih ramai dan lebih mudah ditemukan oleh target.

3. Jalan dan lalu lintas

Dalam memilih tempat Anda juga harus memperhatikan akses serta lalu lintas sekitar. Anda perlu memperhatikan apakah dekat dengan lalu lintas, apakah jalan satu atau dua arah, dan lainnya. Ini harus diperhatikan untuk karena berpengaruh terhadap akses yang dilalui pelanggan Anda. Akses yang susah tentu akan jarang dikunjungi konsumen. Arus lalu lintas juga berpengaruh besar terhadap jumlah konsumen yang datang. Semakin ramai maka peluang banyak pengunjung juga bisa Anda dapatkan. 

4. Sekitar Anda

Anda juga perlu memperhatikan usaha yang berada di sekitar Anda, terutama usaha yang sejenis dengan milik Anda, Hal ini akan sangat berpengaruh pada minat pelanggan anda. 
Contoh, tempat atau warung makan akan berpadu dengan pas saat di dekat bengkel atau tempat cuci kendaraan. Karena biasanya orang akan bosan saat menunggu kendaraan mereka. Oleh karena itu, janganlah memaksa mendirikan usaha di tempat yang memang tidak cocok.

5. Pembayaran sewa

Perlu Anda ketahui bahwa tempat yang strategi akan memiliki harga sewa yang tinggi. Hal ini dikarenakan tempat yang strategis biasanya akan lebih sering dikunjungi pelanggan dibandingkan tempat lain. Tentu ini akan mempersulit Anda sebagai pebisnis pemula.  
Tetapi Anda tidak perlu khawatir, selama tempat yang dipilih ramai dilalui orang.  Ataupun jika Anda sudah mantap memilih tempat strategis dengan harga mahal, yakinlah bahwa pemasukan yang akan didapat lebih tinggi. 

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih lokasi untuk memulai bisnis Anda. Untuk lebih mudah dilihat orang, bisa ditambahkan banner dengan desain yang mencolok. Hal ini juga akan membantu Anda untuk promosi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat Dan Strategis"

Post a Comment