6 Tips Sukses Memulai Usaha Kecil Dalam Berbisnis

Tips Bisnis - Berwirausaha merupakan pekerjaan yang tak mengenal usia dan menumbuhkan motivasi dalam membangun bisnis. Menjadi pengusaha sukses bukan hanya sekedar impian bila dilakukan dengan sikap yang tepat.

Melihat contoh pengusaha yang memiilki kekayaan dengan jumlah fantastis, seperti Bill Gates atau Mark Zuckenberg, menggugah keinginan kita untuk bisa menjadi seperti mereka. Kekayaan yang mereka miliki tidak didapatkan secara instan melainkan dari usaha kecil yang mereka jalani dan tak satupun dari mereka menduga akan berhasil seperti sekarang.

  Cara Memulai Usaha Kecil Dalam Berbisnis  

Cara Memulai Usaha Kecil Dalam Berbisnis

Perusahaan pemula berubah menjadi perusahaan yang berkembang dengan nilai tak terhingga sama halnya seperti memenangkan sebuah lotere. Mengerahkan semua uang yang kita miliki dan berharap mendapatkan jackpot malah bisa membuat kita terpuruk.
Berikut 6 aturan untuk memulai usaha kecil. Aturan ini dimaksudkan agar kita sadar dengan kenyataan yang ada ketimbang berangan terlalu tinggi dalam berbisnis.

1. Lebih realistis

Saat membuat model bisnis, lihat sekeliling kita. Ambil contoh sukses dari model bisnis yang kita inginkan. Pelajari model bisnis tersebut dan aplikasikan di dunia nyata.

2. Jangan menginvestasikan uang sendiri

Apabila sudah berwirausaha kita harus siap menghadapi resiko apapun. Ajaklah orang lain menjadi partner kita agar jika usaha tidak berjalan sesuai rencana kita tidak mengalami kebangkrutan.

3. Perbudak diri sendiri

Jadikan diri kita sebagai karyawan dalam usaha yang kita jalani. Karena kita tidak akan mampu mempekerjaan karyawan saat awal mendirikan usaha.

4. Hargai waktu

Cobalah memberi nilai pada waktu yang dimiliki dengan nominal yang nyata. Meskipun mungkin berlawanan dengan aturan ketiga, seorang budak juga memiliki nilai ekonomi.

5. Rekrut karyawan dengan baik

Rekrutlah karyawan dari luar dengan proses hati-hati dan sungguh-sungguh. Akan lebih baik bila karyawan yang kita rekrut memiliki visi yang sejalan dengan usaha kita.

Jual kelebihannya, bukan harganya. Jika harga adalah fokus dalam berbisnis maka kita hanya memasarkan usaha kita dengan harga standar atau di bawah modal. Ahli berkomunikasi lebih penting dari hal tersebut.

6. Ketahui angka dasar

Angka dasar adalah banyaknya uang yang kita butuhkan untuk menjalani usaha. Selanjutnya kita bagi semua uang tersebut dengan berapa hari dalam setahun kita membuka usaha.

Gunakan teknologi terbaru. Kita bisa memanfaatkan teknologi anyar rendah biaya yang ada di pasaran, seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan dengan cloud technology.

Perlakukan vendor dengan baik. Memperlakukan vendor sebaik mungkin dan menjaga hubungan baik dengan mereka dapat membuat mereka paham dengan kondisi usaha yang kita jalani.

Jadilah yang terbaik. Jangan setengah-setengah dalam melakukan sesuatu. Lakukan yang terbaik terhadap apapun dan siapapun, termasuk usaha yang kita buat, jual, dan hubungan dengan klien.

0 Response to "6 Tips Sukses Memulai Usaha Kecil Dalam Berbisnis"

Post a Comment