3 Cara Membedakan Batu Kalimaya Banten Asli Dan Palsu

klikCARA.com - Cara membedakan batu kalimaya banten asli dan palsu pastilah perlu anda ketahui karena batu kalimaya ini terbilang langka. Batu kalimaya yang sering disebut dengan batu opal ini sebenarnya banyak di wilayah banten, tetapi untuk batu mulia yang karatnya tinggi jarang ditemukan di Indonesia karena batu opal yang karatnya tinggi biasanya berasal dari Australia. Namun, banyak juga penjual batu mulia yang menjual batu kalimaya tiruan yang lebih sering disebut dengan dublet. Tujuannya tentunya adalah untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

Fisik batu kalimaya banten atau batu opal memang sangat cantik. Tak heran, jika banyak kolektor yang tertarik menjadikan batu mulia ini sebagai salah satu koleksi favoritnya. Warna batu opal ini sebenarnya adalah putih bersinar tetapi ada warna-warna lain yang terpancar dari dalamnya sehingga tampak seperti pelangi. Untuk harganya, berkisar dari 50 ribu sampai 200 ribuan. Jadi, bagi anda yang memang ingin mendapatkan batu kalimaya yang asli, perhatikan betul cara membedakan batu kalimaya banten asli dan palsu agar anda tidak tertipu.

Cara Membedakan Batu Akik Kalimaya Banten Asli dan Palsu

Batu Kalimaya Banten Asli
Ilustrasi Batu Kalimaya Banten Asli
Sebelum anda mengetahui cara membedakan batu akik kalimaya banten asli dan palsu, tak ada salahnya anda menilik kegunaan batu mulia opal ini. Pastilah banyak orang yang penasaran buka? Manfaat batu kalimaya ini antara lain; sering digunakan untuk batu sihir, menambah daya tarik, khususnya bagi wanita, menyestabilkan emosi, menyembuhkan penyakit mata, dan ada juga yang mengatakan bisa membuat rambut tetap pirang. Cukup unik ya manfaatnya, tak heran jika banyak orang yang menginginkan batu ini.

Berikut ini cara membedakan batu kalimaya banten asli dan palsu:

 1  Melihat warna batu
Batu kalimaya yang asli cenderung berwarna putih dan bersinar. Batu memang memancarkan berbagai macam warna dari dalam batu, tetapi warna tersebut tidaklah mencolok. Berbeda dengan batu kalimaya tiruan. Warnanya memang putih, tetapi dalam batu cenderung gelap dan warna yang dipancarkan dari dalam juga lebih mencolok.

 2  Menempelkan batu ke pipi
Bila terasa dingin, berarti batu tersebut asli.

 3  Membakar permukaannya
Jika batu kalimaya tetap tidak ada perubahan, batu opak tersebut dijamin asli.

Jangan Lewatkan Tips Ciri - Ciri Batu Asli dan Palsu Lainnya :
Seperti itulah cara mengetahui batu akik kalimaya asli dan palsu. Semoga dengan tips diatas sahabat klikcara.com dapat membedakan batu kalimaya yang asli dan palsu.

8 Responses to "3 Cara Membedakan Batu Kalimaya Banten Asli Dan Palsu"

  1. Tah infona juaraaaaa....tpi hoyong gaduh batuna

    ReplyDelete
  2. kalau kalimaya nya bening kayak kecubung air trus kl di sinari kayak warna pelangi tu asli apa gak ya om?

    ReplyDelete
  3. Cara no 1 masuk diakal... cara no 2 semua batu dingin kalau di tempel di pipi cm kalimaya kurang terlalu dingin sulit di sarankan... kalau sintesis jg dingin kalau habis di ac... cara no 3 ini yg cenderung harus di pertanggung jawabkan... karna kalimaya batu yg rapuh bahkan ada kalimaya yang kekerasan nya di bawah 4 mhs kalau di bakar ya crack orang kalau kena cahaya lampu aja bs crack.... cm no 1 yg bs di jadikan patokan...

    ReplyDelete