3 Tips Agar Tidak Tertipu Dengan Batu Mata Kucing Palsu

KlikCARA.com - Cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu. Batu mata kucing adalah salah satu jenis batu yang bernilai ekonomis tinggi selain batu kecubung batu permata dan lainnya. Banyak kalangan kolektor serta orang biasa ingin memiliki batu mata kucing karena memang batu tersebut memiliki pola seperti mata kucing. Pola ini terbentuk secara alami, proses terlihatnya mata kucing pada batu tersebut tergantung proses pemotongan batu tersebut serta proses pengasahan batu. Kalau proses tersebut sempurna maka tekstur mata kucing akan terlihat pada batu tersebut. Karena nilai ekonomisnya yang tinggi banyak batu mata kucing palsu.

  Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu  

Batu Mata Kucing Asli
Ilustrasi Batu Mata Kucing
Berikut ini cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu agar koleksi batu mata kucing anda tidak sia-sia.

 1  Amati Pola Mata Kucing
Yang pertama cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu dengan melihat pola gambar pada batu mata kucing . Amati dan cermati pola gambar yang ada pada batu tersebut gunakan alat kaca pembesar atau agar gambar semakin jelas terlihat. Sebelumnya anda harus tahu pola gambar mata kucing yang asli dan palsu terlebih dahulu guna untuk membedakan bentuk gambar yang asli dan palsu pada batu mata kucing.
 2  Cermati Serat Inklusinya
Setiap batu berharga pasti mempunyai serat inklusi yang hanya bisa timbul secara alamiah dan inilah cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu. Batu mata kucing buatan serat inklusinya pasti akan berbeda dengan yang asli. Sehingga sebelum anda membeli batu mata kucing harusnya anda melihat serat inklusi yang ada di batu milik teman anda kerabat atau saudara. Kemudian bandingkan dengan batu mata kucing yang akan anda beli apakah serat inklusi berbeda atau tidak.

 3  Uji Lab
Cara membedakan kucing asli dan palsu yang paling akurat yaitu uji laboratorium gemologi. Dengan uji ini bisa dipastikan keaslian batu mata anda atau yang akan anda beli bisa terjamin. Karena batu permata sintetis sulit dibedakan dengan aslinya dengan kasat mata karena serat inklusi yang ada dalam batu tersebut sangat kecil. Tetapi dengan uji laboratorium semuanya akan terjawab secara akurat.

Jangan Lewatkan Tips Membedakan Batu Asli dan Tiruan Lainnya :

Seperti itulah 3 cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu. Semoga dengan tips diatas sahabat klikcara.com dapat memiliki batu kucing permata yang asli.

0 Response to "3 Tips Agar Tidak Tertipu Dengan Batu Mata Kucing Palsu"

Post a Comment