3 Cara Membedakan Giok Asli dan Tiruan yang Mudah Dan Cepat

klikCARA.com - Cara membedakan giok asli dan tiruan wajib anda ketahui karena batu mulia ini adalah batu yang kerap anda temukan dijual di berbagai daerah. Batu ini tak hanya dijual di toko-toko batu mulia, tetapi banyak juga para penjual kaki lima yang menjual batu giok di kota-kota. Agar anda tak tertipu dengan penjual yang hanya ingin meraup keuntungan besar dari batu yang sudah popular tersebut, tak ada salahnya anda mengetahui cara membedakan batu giok asli dan palsu.

Batu giok yang namanya sudah popular sejak lama ini, dulunya adalah sebuah benda yang bisa digunakan untuk melihat strata seseorang. Semakin banyak giok yang dimiliki oleh orang tersebut, maka bisa dikatakan orang tersebut memiliki status social yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, pada zaman sekarang, fungsi batu giok bisa dikatakan sudah berubah. Banyak orang yang hanya menjadikannya sebagai koleksi atau untuk sekedar aksesoris saja. Walaupun fungsinya sudah sedikit bergeser, tetapi harga batu giok tetap mahal bahkan sampai ratusan juta rupiah sehingga sangat perlu untuk anda mengetahui cara membedakan batu giok asli dan tiruan.

  Cara Membedakan Giok Asli dan Palsu  

Membedakan Giok Asli dan palsu
Ilustrasi Batu Giok Asli
Banyak orang yang mengatakan jika anda ingin tahu batu giok tersebut asli atau tiruan, anda bisa membakarnya. Membakar adalah salah satu cara membedakan batu giok asli dan tiruan. Jika saat dibakar, batu tetap dingin berarti, batu giok tersebut dapat dipastikan asli. Sebaliknya, jika giok menjadi panas setelah dibakar, bisa dikatakan bahwa giok tersebut kemungkinan besar palsu atau imitasi.

Cara membedakan batu giok asli dan tiruan yang lebih akurat adalah sebagai berikut:

 1  Tahan Gores
Batu giok asli tidak mudah tergores sehingga tak ada salahnya anda memberikan sedikit guratan pada batu giok jika ingin mengetahui asli atau palsunya. Tetapi, ingat jangan terlalu dalam karena bisa merusak giok anda.

 2  Warna
Lihatlah warnanya. Batu giok yang asli warnanya tidak akan pudar di bawah sinar matahari, berbeda dengan yang imitasi.

 3  Teksturnya
Batu giok juga lebih halus jika anda memegangnya. Jadi pegang betul-betul batu giok sebelum anda berniat untuk membelinya. Tekstur batu giok bisa menentukan kualitasnya.

Jangan Lewatkan Tips Mengetahui Batu Palsu dan Tiruan Lainnya :

Seperti itulah Cara membedakan batu giok asli dan tiruan. Semoga dengan tips diatas sahabat klikcara.com dapat mengetahui mana giok asli dan palsu.

0 Response to "3 Cara Membedakan Giok Asli dan Tiruan yang Mudah Dan Cepat"

Post a Comment