Cara Membedakan Batu Blue Safir Asli dan Palsu

klikCARA.com - Cara membedakan batu blue safir asli dan palsu tentunya sangat ingin diketahui oleh anda yang senang dengan keindahan batu mula, khususnya safir. Maklum saja, keindahan safir memang sering membuat orang yang melihatnya terpana. Saking terpananya, banyak orang yang tak sempat berpikir untuk membedakan mana batu safir yang asli dan palsu. Padahal, bisa saja jika anda sembarangan membeli batu yang juga disebut oleh fancy sapphire ini, anda bisa kena tipu karena banyak penjual yang sengaja menjual sappire palsu untuk meraup keuntungan.

Batu blue safire terlihat sangat menarik karena batu memiliki guratan-guratan putih pada batunya. Jangan salah blue safir yang asli guratannya memang asli dari batunya, bukan buatan sehingga anda harus pintar membedakannya. Bisanya, banyak orang yang mengaku pencinta blue safire menggunakannya sebagai aksesoris, seperti gelang, liontin kalung, cincin, bros, dan lain-lain. Jadi, anda harus bisa tahu cara membedakan batu blue safir asli dan palsu agar nantinya anda tak akan kecewa setelah membayar mahal batu mulia yang indah tersebut.

  Cara Membedakan Batu Blue Safir Asli dan Tiruan  

Batu Blue Safir Asli dan Palsu
Ilustrasi Batu Blue Safir Asli

Mungkin, sebelum anda berniat membeli batu blue safir, cara membedakan batu blue safir asli dan palsu paling mudah diantaranya: anda bisa melihat dari beratnya. Batu yang asli biasanya memiliki ukuran yang lebih berat daripada batu yang sintesis. Tentunya, untuk berat, ada ukuran yang telah ditetapkan dan anda harus mengetahuinya. Kedua, lihatlah guratan putih pada batu, batu asli biasanya guratannya tidak rapi karena memang asli dari alam. Sedangkan yang palsu, guratan batu terlihat lebih rapi seperti garis-garis. Warna batu sapir biru asli juga warnanya tidak terlalu biru atau putih, pokoknya pas.
Selanjutnya, cara membedakan batu blue safir asli dan palsu adalah sebagai berikut:

 1  Batu safire biru yang asli memang sudah ada guratan-guratan sejak ia ditemukan dari alam. tetapi, batu imitasi pastilah guratannya karena buatan dari orang pintar di laboratorium.

 2  Cara mengeceknya, gunakan kaca pembesar, guratan pada batu safir asli hanya bisa dilihat dengan kaca pembesar yang bisa melihat ukuran 10 x atau 20 x dari ukuran semula. Sedangkan batu safire palsu, seringkali guratannya bisa dilihat sebelum anda memperbesar ukuran sampai 10 kali atau anda juga bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Jangan Lewatkan Tips Mengetahui Batu Palsu dan Tiruan Lainnya :

Seperti itulah cara membedakan batu blue safir asli dan palsu. Semoga dengan tips diatas sahabat klikcara.com dapat mengetahui batu asli dan tiruan dan tidak dapat dibohongi oleh para penjual batu palsu.

0 Response to "Cara Membedakan Batu Blue Safir Asli dan Palsu"

Post a comment