4 Tips Membedakan Batu Akik Pirus Asli dan Palsu

Batu Akik - Tips Membedakan Batu Akik Pirus Asli dan Palsu. Mempunyai batu akik pirus akan membuat seseorang merasa cukup bangga karena termasuk jenis batu akik yang langka sekaligus harganya cukup mahal. Batu pirus, tergolong dalam jenis batu permata yang mengandung unsur logam mulia seperti emas. Kemudian, batu pirus juga mempunyai guratan yang sangat menarik sehingga terlihat lebih mempesona. Guratan atau motif dari batu pirus ini menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis batu akik lainnya. Sehingga pecinta akik ditanah air selalu mencari-cari batu akik jenis ini dalam melengkapi koleksinya. Beberapa orang mengatakan jika batu yang biasa disebut Fairus ini berasal dari Turki kemudian menyebar luas hingga ke Indonesia.

  Tips Membedakan Batu Akik Pirus Asli dan Palsu  

Batu Akik Pirus Asli

Tampilan memukau dengan guratan-guratan seperti emas membuat batu pirus memiliki harga sangat mahal. Kelangkaan dari batu jenis ini, membuat beberapa kalangan memanfaatkan cara liciknya dengan memalsukan model batu akik pirus. Dengan demikian sebelum anda membeli batu akik pirus, ketahuilah beberapa cara membedakan batu akik pirus asli dan palsu berikut ini :

1. Tempelkan batu pirus pada bibir anda, jika batu tersebut asli maka batu itu akan melekat atau terkesan menggigit pada bibir. Sementara batu pirus palsu tidak bisa melekat jika ditempelkan pada bibir.

2. Cium aroma batu ini, hal tersebut dapat dilakukan jika anda menemukan dalam bentuk batu belum diolah menjadi akik. Aroma material yang tidak enak menunjukkan bahwa itu batu pirus asli.

3. Perhatikan guratan pada batu pirus, guratan-guratan seperti emas akan terlihat dengan jelas pada batu pirus asli.

4. Gunakan tes umum dengan benda sintesis, misalnya dengan menempelkan besi atau jarum panas pada permukaan batu pirus. Dan, jika warna batu pirus itu berubah maka bisa dipastikan jika batu akik tersebut palsu sebaliknya, jika warna tetap sama berarti batu tersebut memang asli.

Jangan Lewatkan Tips Mengetahui Batu Akik Asli :

Beberapa cara membedakan batu pirus asli dan palsu dapat dijadikan sebagai panduan umum, bagi sahabat klikcara.com yang berniat untuk mencari-cari batu pirus sebagai koleksi dirumah.

0 Response to "4 Tips Membedakan Batu Akik Pirus Asli dan Palsu"

Post a Comment