Hindari 10 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

klikCARA.com - Ramadhan telah tiba. Bulan ini adalah bulan yang mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Suasana sekejap berubah, banyak jajanan takjil yang tersebar dimana-mana, suasana makan di siang haripun berkurang dan saat mendekat waktu berbuka maka jalan akan ramai karena sedang mencari menu berbuka.

Meski suasana Ramadhan memang sangatlah khas namun ada hal yang dilupakan orang saat mengikuti kekhasan dan kebiasaan saat Ramadhan. Kebiasaan tersebut bahkan membuat anda sebenarnya mendapatkan akibat buruk. Nah apa sajakah kebiasaan yang ternyata buruk yang sering dilakukan orang-orang di Bulan Ramadhan?

Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

1. Minum terlalu banyak air saat sahur

Terhidrasi memanglah sangat penting karena air sangat diperlukan tubuh.Oleh karena itu hampir semua orang minum air yang banyak saat sahur tiba. Padahal kebiasaan tersebut ternyata kurang baik bagi kesehatan anda. Anda akan sering membuang urine di waktu siang dan hal itulah yang akan memicu dehidrasi anda. Sebaiknya perbanyak minum saat berbuka bukan pada saat sahur. 

2. Olahraga setelah berbuka

Anda pasti mengira bahwa saat berpuasa anda akan loyo sehingga tidak berolahraga di pagi hari melainkan menggantinya saat berbuka. Jika anda ingin seperti itu maka sebaiknya biarkan makananmu tercerna dulu sekitar 2 jam lalu anda berolahraga, Jangan langsung berolahraga saat berbuka.

3. Mengunyah makanan dengan tergesa-gesa

 Saat berbuka banyak sekali orang yang makan terburu-buru sehingga mereka mengunyah makanan mereka dengan tergesa-gesa. Padahal mengunyah secara tergesa-gesa bisa membuatmu sakit. Oleh karena itu tetaplah perlahan meski anda sudah sangat lapar.

4. Terlalu banyak konsumsi makanan manis saat berbuka

Telah menjadi sunnah bahwa mengonsumsi buah manis yang berbuka sangatlah baik. Namun kalau berlebihan? Jangan lakukan hal tersebut karena jika mengonsumsi makanan manis secara berlebihan maka akan membuat gula darahmu melonjak naik. Dan pada akhirnya akan membuatmu mengantuk.

5. Berbuka dengan makanan berminyak dan mengandung banyak gula

Jika anda berbuka dengan makanan yang digoreng dan juga mengandung banyak gula, maka makanan tersebut akan sulit dicerna oleh tubuh anda. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

6. Konsumsi makanan tinggi garam saat sahur

Kurangilah makanan yang mengandung garam saat sahur. Saat anda menggunakan banyak garam pada santapan sahur anda maka akan memberikan dampak mudah haus bagi anda saat menjalankan puasa di siang hari.

7. Minum minuman berkafein saat sahur dan buka

Sama halnya saat anda makan makanan yang mengandung garam berlebih, mengonsumsi kafein saat sahur dan bahkan berbuka akan cepat membuat anda haus. Hal ini karena kafein mengentelkan darah dan memicu anda untuk selalu ingin minum,

8. Langsung tidur setelah sahur

Banyak sekali orang yang seketika setelah sahur langsung tidur kembali karena mengantuk. Padahal sangatlah berbahaya bagi kesehatan pencernaan jika anda tidur setelah sahur. Apalagi asam lambung akan meningkat tinggi saat anda langsung saja beristirahat. Hal tersebut dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) atau yang sering dikenal dengan sebutan gangguan asam lambung, terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan Anda tidak tertutup sepenuhnya, membuat asam lambung dari perut naik ke tenggorokan. Berbaring langsung setelah makan dapat membuat asam lambung Anda semakin parah.

9. Melewatkan sahur

Banyak pula orang saat malas bangun sahur maka mereka melewatkan sahur begitu saja. Padahal energi satu-satunya saat berpuasa adalah saat sahur. Sehingga anda akan mudah merasa loyo dan tubuh anda juga akan berpengaruh buruk.

10. Makan terlalu banyak saat berbuka

Hindari melahap terlalu banyak makanan saat anda berbuka. Jangan karena lapar anda makan segala apa yang telah dihidangkan di atas meja. Sebab akan membuat organ pencernaan kamu akan tersiksa karena memproses banyak makanan sekaligus.

0 Response to "Hindari 10 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Saat Bulan Ramadhan"

Post a Comment