6 Tips Ampuh Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa Ramadhan

Tips Puasa - Di bulan yang penuh rahmat ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan hawa nafsu, lapar dan haus dari subuh hingga matahari terbenam. Meski berpuasa beberapa aktivitas haruslah tetap dijalankan, salah satunya adalah bagi karyawan kantor yang harus tetap bekerja di Bulan Ramadhan.

Aktivitas kantor sama sekali tidak berubah, kecuali anda sebagai karyawan haruslah tetap berpuasa sembar mengerjakan kewajiban anda. Tentunya deadline kerja serta beberapa tugas tetap harus anda jalankan. Namun di saat berpuasa pastinya akan sangat berbeda karena anda tidak bisa makan dan minum.

Hal ini haruslah anda antisipasi dengan melakukan beragam hal agar menjaga stamina serta semangat anda dalam bekerja meski sedang berpuasa. Berikut merupakan tips ampuh agar anda tetap semangat dalam bekerja meski sedang menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan.

Berikut Tips Ampuh Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa Ramadhan


Panduan Cara Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa Ramadhan

1. Manfaatkan jam istirahat
Saat tiba jam istirahat misalnya jam shalat manfaatkanlah waktu anda untuk menghilangkan ketegangan otot saat bekerja. Regangkan seluruh badan dan otot anda. Biasanya banyak pula karyawan melakukan tidur singkat untuk memulihkan tenaga, namun anda harus mengingat bahwa jangan terlalu lama sebab malah akan membuat anda bertambah loyo karena dehidrasi.

Baca juga : Cara Menahan Lapar, Haus dan Emosi Saat Berpuasa

2. Banyak air
Paksakanlah diri anda untuk meminum banyak air saat sahur. Hal ini agar menjaga anda tetap terhidrasi. Air sangatlah penting untuk bisa menjaga ketahanan tubuh dan stamina anda apalagi jika sedang bekerja. Banyak orang yang mudah kelelahan saat bekerja karena kekurangan cairan dalam tubuh. Meski hal ini umum karena puasa, namun jika anda minum yang cukup saat sahur maka hal tersebut bisa dihindari.

3. Pembicaraan yang tidak penting
Hindari beragam pembicaraan yang tidak penting di sekeliling anda. Bukannya menyuruh anda untuk tidak bicara dengan teman sekantor, namun hal itu hanya membuang energi. Anda bisa memaksimalkan energi anda untuk bekerja bukan untuk obrolan yang tidak penting. Bukankah berpuasa juga harus menjaga mulut kita?

4. Jangan lembur
Meski anda memiliki banyak pekerjaan, hindari untuk melakukan kerja lembur di kantor. Sebab anda harus menjaga stamina dengan istirahat karena bangun sahur memerlukan istirahat yang cukup. Sehingga saat bekerja di pagi harus energi anda bisa digunakan kembali.

Lihat juga : Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

5. Sabar
Ingatlah untuk senantiasa menjaga kesabaran anda. Selain bisa menambah ketaqwaan anda kepada Allah SWT, anda bisa menyimpan energi anda untuk hal yang lebih positif. Cobalah untuk bersabar atas apapun yang terjadi di sekeliling anda, jangan terlalu sensitif pada hal-hal yang tidak penting.

6. Berbuka puasa bersama
Jadwalkan untuk berbuka bersama teman-teman kantor atau teman anda. Meski hal ini terlihat remeh, namun dengan adanya rencana berbuka bersama bisa membuat anda lebih semangat menjalani hari-hari anda di kantor dan bekerja meski sedang berpuasa.

Ketahui juga : Cara Menahan Haus dan Lapar Ketika Puasa

Itulah beberapa tips ampuh yang bisa anda lakukan agar tetap menjaga semangat anda di kantor saat bekerja. Ingatlah bahwa segala sesuatunya yang anda lakukan asalkan baik di Bulan Ramadhan bernilai pahala di sisi Allah SWT. Oleh karena itu anda sebaiknya menjaga semangat bekerja agar bisa menjadi pahala anda selama berpuasa.

0 Response to "6 Tips Ampuh Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa Ramadhan"

Post a Comment