Cara Terbaik Ajarkan Anak Berpuasa Ala Sahabat Rasul

Tips Puasa - Mendidik anak dan mengajari hal-hal baik sebenarnya bukanlah hal mudah. Meski banyak orang tua yang berusaha yang terbaik, namun biasanya cara yang digunakan tidaklah tepat. Terkadang cara yang dilakukan malah sebaliknya membuat anak menangkap apa yang disampaikan dengan cara berbeda.

Di bulan Ramadhan ini, merupakan waktu yang tepat dalam mengajarkan anak beragam hal baik. Salah satunya dengan mengajarkan mereka sedini mungkin untuk melaksanakan kewajibannya yaitu berpuasa.

Berikut Cara Terbaik Ajarkan Anak Berpuasa Ala Sahabat Rasul

Panduan Cara mengajari anak berpuasa di bulan ramadhan

Namun bagaimana cara yang tepat agar anak bisa melihat puasa bukanlah hal berat? Sebuah kisah sahabat rasul saat mengajarkan anaknya berpuasa.Nabi berkata, "Siapa yang telah membatalkan puasanya, maka lanjutkan lah puasa kalian. Dan siapa yang masih belum batal, maka tetap lah berpuasa,". Mendengar hal tersebut Ruba'i binti Mu'awwidz mengatakan,"Sejak saat itu kami berpuasa dan melatih anak-anak kami untuk berpuasa. "Kami menyediakan mainan yang terbuat dari bulu (sejenis boneka) untuk anak-anak kami. Jika mereka menangis minta makan, kami memberi mainan tadi. Begitu sampai waktu berbuka tiba,".


Dengan cara seperti yang dilakukan sahabat Rasul, anak akan menyambut puasa dengan suka cita karena diberikan mainan, jangan menganggap bahwa hal ini buruk karena mereka akan terbiasa ingin imbalan saat puasa. Namun di usia dini, seorang anak haruslah diberikan hal yang ia sukai agar ia juga menyukai hal baik yang diajarkan ke mereka.

Hal yang paling terpenting adalah, hindari untuk memaksa dan memarahi anak anda untuk berpuasa. Cara seperti inilah yang akan membuat anak anda berusaha berbohong karena rasa takut kepada anda. Sehingga ada potensi anak anda akan berpura-pura puasa.


Olehnya itu, anda perlu berhati-hati mengajak anak anda berpuasa. Jangan sampai dia menganggap berpuasa adalah hal mengerikan.

0 Response to "Cara Terbaik Ajarkan Anak Berpuasa Ala Sahabat Rasul"

Post a Comment