4 Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

Tips Usaha - Menjadi karyawan di perusahaan sering kali menimbulkan rasa bosan. Karena pekerjaan yang dilakukan cenderung monoton. Tak heran banyak yang ingin mengundurkan diri dan memulai membangun usaha sendiri. Anda tidak perlu merasakan khawatir akan rugi, itu semua merupakan proses untuk mengembangkan diri. Rejeki pun telah diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan tidak akan pernah salah alamat.

  Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal  

Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

Memiliki usaha sendiri maka Anda akan menjadi pemimpin diri sendiri, waktu kerja pun lebih fleksibel, dan keuntungan yang didapatkan bisa lebih tinggi dari gaji saat menjadi karyawan. Tetapi janganlah lupa, bahwa risiko yang dihadapi lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan perusahaan.


Berikut 4 cara membuka usaha baru sendiri mulai dari awal

1. Menentukan usaha yang akan dijalankan 

Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

Tentukanlah usaha yang akan Anda jalankan. Pilihlah jenis usaha yang cocok dengan passion yang dimiliki. Hal tersebut akan membuat Anda menikmati usaha yang dijalankan. Tentu usaha Anda pun akan lebih profesional dengan passion dan pengalaman yang dimiliki. Jangan lupa untuk membuat target-target kecil dalam waktu dekat.

Baca juga : Bisnis Properti Dengan Modal Kecil

2. Merencanakan keuangan dengan matang

Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

Modal merupakan penentu seberapa jauh langkah awal Anda. Anda bisa mendapatkan modal dari modal pribadi (tabungan), menggunakan investor, meminjam dari bank, atau mengajak teman dengan sistem patnership. Namun sebelum mencari sumber modal, Anda harus membuat anggaran supaya tidak ada salah perhitungan yang menyebabkan kerugian. Gunakalah modal yang ada dengan bijaksana dengan membeli bahan dan peralatan secukupnya. Tentukan targetan waktu modal yang Anda keluarkan kembali dengan begitu Anda akan lebih bersemangat.

Apabila Anda ingin menggunakan investor, buatlah konsep bisnis yang benar-benar jelas. Anda harus menjelaskan ide, langkah awal, pengembangan bisnis, target pasar, dan anggaran yang dibutuhkan kepada para calon investor. Hal tersebut tentu dilakukan supaya mereka tertarik dan mau mendanai Anda. Agar lebih menarik buatlah proposal tentang usaha yang akan Anda jalankan.

3. Memperluas jaringan dan relasi

Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

Perluaslah jaringan dan relasi Anda karena ini akan membuat usaha yang dimiliki lebih mudah berkembang. Anda bisa memulainya dengan ikut dalam komunitas bisnis atau sekedar reuni kecil dengan kawan lama. Komunitas bisnis bisa membantu Anda terutama dalam memasarkan produk.

4. Legalkan usaha Anda

Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

Tips yang terakhir adalah jadikan usaha Anda sah menurut hukum. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan struktur dari usaha, berikan nama usaha, daftarkan usaha ke Ditjen HKI (supaya menjadi merk yang sah), dan menyiapkan dokumen maupun surat-surat usaha dengan baik (seperti akta perusahaan, nama perusahaan, dan lainnya).

Dalam memulai usaha hal paling utama adalah tekad dan selalu mau belajar. Dengan demikian usaha Anda akan terus berinovasi dan berkembang. 

0 Response to "4 Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal"

Post a Comment