5 Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Tips Usaha - Hingga dengan saat ini, masyarakat Indonesia masih saja terbelenggu dengan keharusan untuk bekerja di perusahaan. Padahal banyak dari warga negara kita yang meraih kesuksesan berasal dari berwirausaha. Sebagain besar merasa takut untuk memulai wirausaha dengan alasan tak ada modal.

  Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil  

Tips Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Perlu Anda ketahui bahwa modal bukanlah hal yang utama untuk memulai berwirausaha. Point utamanya adalah niat dan tekad yang kuat. Usaha pun bisa Anda lakukan dengan menggunakan modal kecil.

Berikut tips melakukan usaha rumahan dengan modal kecil.

1. Tentukan ide
Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Sebelum memulai tentu Anda sudah harus mempunyai ide usaha terutama usaha dengan modal minim. Misal sebagai jasa konsultan atau reseller dari suatu produk. Jasa konsultan cukup menggunakan ilmu yang dimiliki. Sedangkan reseller seperti itu hanya memerlukan daftar atau katalog produk. Kini hal tersebut semakin dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi (internet). Menggunakan internet akan memperlebar pasar dari produk, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan dimanapun dan kapanpun.

2. Gunakan modal secukupnya
Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Mulailah merealisasikan usaha Anda dengan modal secukupnya. Gunakanlah modal yang ada dengan bijak dan seperlunya. Misal apabila Anda memilih usaha membuat kue atau jajanan, gunakalah modal untuk membeli beberapa peralatan. Jangan membeli peralatan terlalu banyak, sesuaikanlah dengan kapasitas awal Anda dalam menghasilkan produk.

3. Peralatan seadanya
Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Saat hendak memulai usaha, peralatan yang dibutuhkan tidak selalu baru dan canggih. Anda bisa memulainya dari peralatan yang ada di sekitar Anda. Hal ini akan sangat efektif untuk meminimalisir penggunaan modal. Contoh: menggunakan peralatan dapur dalam memproduksi jajanan. Setelah usaha berkembang dan stabil Anda bisa memulai menggunakan peralatan yang lebih mumpuni dan canggih. 

4. Pemasaran sederhana tapi mengena
Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Modal yang minim bukan berarti Anda melakukan promosi dengan asal-asalan. Gunakalah metode marketing cerdas, yaitu menggunakan teknologi informasi dengan sasaran pasar yang jelas. Untuk mendapatkan konsumen yang banyak, Anda harus menganalisa pasar dengan baik sehingga menemukan cara pemasaran yang tepat.

Untuk usaha dengan modal minim, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, intagram, twitter, dan google plus. Jangan lupa untuk menetukan sasaran dari produk atau jasa yang dihasilkan. Misal: toko online baju dengan harga murah maka Anda bisa menjadikan mahasiswa atau pelajar sebagai sasaran. Dengan begitu Anda cukup menggunakan media sosial terutama instagram yang sedang booming.

5. Tidak menggangu tugas rumah
Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Hal ini patut diperhatikan terutama para ibu rumat tangga. Jangan sampai Anda memilih berwirausaha namun suami dan anak-anak menjadi terbengkalai. Usahakan pilihlah usaha yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu Anda sebagai ibu rumah tangga atau usaha dengan waktu yang tidak terlalu padat.

Demikianlah tips untuk memiliki usaha rumahan dengan modal kecil. Selain menguntungkan untuk menambah pemasukan anda, juga bisa dilakukan secara fleksibel di rumah. Selamat mencobanya dan semoga sukses.

0 Response to "5 Tips Sukses Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil"

Post a Comment