10 Aturan Berbisnis yang Wajib Anda Kuasai

Tips Bisnis - Menjalankan bisnis merupakan sebuah seni khusus yang bisa dipelajari oleh setiap orang. Namun ternyata dibali kerumitan bisnis tersebut terdapat berbagai aturan yang pantang untuk dilanggar. Terutama bagi pebisnis baru yang pertama kali mencoba membuka bisnis. 

  Struktur Aturan Tentang Bisnis yang Mesti Dikuasai  

Aturan Berbisnis Yang Wajib Anda KuasaiBerikut ini terdapat 10 aturan berbisnis yang wajib anda kuasai, terlebih jika ini adalah bisnis pertama kali anda : 

1. Realistis 

Bersikap realistis terhadap rencana, modal, peluang dan kemampuan pribadi terhadap usaha. Berfikir kreatif dan out of the book agar dapat mewujudkan ide bisnis Anda ke dunia nyata.
2. Perbudak diri sendiri

Berani berbisnis artinya berani untuk bekerja keras, melupakan keuntungan pribadi, kurang waktu tidur dan hal yang bersifat hiburan. Ketika awal berbisnis ini perlu dilakukan karena pertama terjun pasti Anda harus menjadi karyawan untuk usaha sendiri. 

3. Lebih peduli waktu

Terapkan motto “waktu adalah uang” sehingga Anda akan memperhatikan dan menghargai waktu. Dengan motto tersebut Anda akan disiplin dan menggunakan waktu secara tepat.

Baca juga : Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis

4. Hindari investasi uang pribadi

Resiko pekerjaan ini memanglah sangat besar, untuk itu hindari melakukan investasi uang pribadi. Langkah ini akan menghindarkan Anda dari utang yang melimpah ketika bisnis tidak sesuai harapan.

5. Jual kelebihan

Bersaing dengan tolok ukur harga akan membuat Anda frustasi. Lebih baik berikan kualitas terbaik dari produk Anda, maka konsumen akan mencarinya sendiri. Walaupun harga tidak terlalu murah bila kualitas produk bagus maka dengan mengandalkan kemampuan berkomunikasi yang baik tidak sulit untuk memasarkan produk.

6. Rekrut karyawan dengan selektif

Pilihlah karyawan yang mau bekerja keras untuk menyukseskan usaha Anda. Pilih dengan hati-hati setiap orangnya. Perlakukan karyawan Anda dengan sebaik-baiknya agar terjadi simbiosis mutualisme.

Lihat juga : Tips Kerja Sukses Dalam Teamwork

7. Update teknologi

Banyak teknologi minim biaya yang dapat Anda gunakan untuk mendukung bisnis, misal dengan cloud technology yang merupakan aplikasi dan penyimpanan data. Selain akan lebih aman Anda juga bisa bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.

8. Perlakukan vendor dengan baik

Kegiatan ini termasuk dalam pelayanan konsumen, perlakuan baik terhadap vendor dan supplier akan memberikan keuntungan berupa kepercayaan. Sehingga mempermudah Anda apabila terlambat dalam pembayaran ataupun terjadi hal tak terduga lainnya.

9. Ketahui angka dasar

Maksudnya adalah Anda harus mengetahui kalkulasi uang dasar yang harus terpenuhi setiap bulannya disesuaikan dengan kebutuhan. Anda butuh uang untuk membayar sewa toko, karyawan, listrik, sampai tinta sehingga perkiraan akan memacu Anda mendapatkan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

10. Jadilah yang nomor satu

Apabila Anda sudah bersedia dan sadar untuk terjun dalam dunia bisnis, maka resiko yang harus diterima adalah bekerja secara maksimal. Jangan main-main dalam menekuni pekerjaan ini karena resikonya sangat besar. Baik resiko metarial maupun mental. Anda harus membuat ataupun menjual produk dan jasa dengan kualitas nomor satu secara berkelanjutan agar konsumen puas dan Anda tetap menjadi nomor satu.

Demikian berbagai aturan dalam berbisnis yang harus anda ikuti agar bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda dan sistem bisnis yang berputar dengan baik. Selamat berbisnis dan semoga sukses. 

0 Response to "10 Aturan Berbisnis yang Wajib Anda Kuasai"

Post a Comment