Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis Pemula

Tips Bisnis - Dalam kehidupan tentu Anda melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi kehidupan. Di antarnya adalah bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehari terdiri 24 jam tentu Anda harus pintar dalam mengatur waktu dengan baik. Terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha pemula.

  Cara Manajemen Waktu Bagi Pengusaha Baru  


Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis PemulaPebisnis pemula biasanya disibukan dengan pengembangan sistem bisnis dan relasi seluas-luasnya. Ini memang hal baik, namun Anda harus mengatur waktu dengan baik supaya kesehatan dan keluarga tetap terurus. Dengan mengatur waktu, kerja Anda pun akan semakin produktif dan efektif. 

Berikut tips manajemen waktu yang baik bagi pebisnis pemula. 


1. Hindari multi tasking

Multi tasking merupakan kegiatan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu secara bersamaan. Jika Anda melakukan ini dengan baik, artinya Anda memiliki kemampuan yang hebat untuk mengatur pikiran. Namun hal ini sangat tidak dianjurkan untuk terus-menerus dilakukan. Karena multi tasking hanya akan menimbulkan kekacauan dan tekanan yang lebih besar pada otak. 

Pebisnis pemula tentu akan merasa menyia-nyiakan waktu sehingga banyak dari mereka yang melakukan multi tasking ini. Diketahui dari hasil penelitian bahwa hanya 2,5% orang yang mampu melakukan multi tasking dengan baik. Oleh karena itu diperlukan manajemen waktu sehingga pekerjaan akan selesai satu per satu.

Lihat juga : Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal 

2. Sisihkan waktu untuk melayani 

Banyak usaha yang kini memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi, seperti email, chatting, dan video call. Namun yang paling banyak digunakan adalah email. Email mampu menghubungkan kita dengan pelanggan dengan berbagai lampiran yang bisa dikirimkan. Tentu menjadi pilihan yang efisien untuk para pebisnis. 

Menjawab email kini menjadi kebutuhan tersendiri untuk para pebisnis. Karena email menjadi penghubung mereka dengan para pelanggan. Memang menjawab email bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun namun akan sangat merepotkan bisa Anda selalu on 24 jam menjawab semua email yang masuk. Hal tersebut hanya akan mengurangi efisiensi dan terlalu banyak memakan waktu Anda. Sebaiknya Anda tentukan waktu misal 5 sampai 15 menit untuk membalas email. Cukup 15 menit pertama di pagi hari, 15 menit kemudian di siang hari, dan selanjutnya di malam hari.

Baca juga : Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

3. Make time table

Sering kali setelah membuat rencana waktu, kita menjadi lupa karena kesibukan yang dihadapi. Untuk menghindari ini sebaiknya Anda menuliskan seluruh jadwal kegiatan. Sehingga Anda dapat runut mengerjakan aktifitas dengan baik tanpa terlewat satu aktifitas pun. Ini akan memperapi manajemen waktu yang telah direncanakan.

Tiga hal penting di atas semoga bisa membantu Anda. Ingat, time is money oleh karena itu manfaatkan waktu sebaik mungkin. Sebab waktu tidak bisa dikembalikan maupun dibeli dengan uang. Waktu merupakan hal yang penting dalam bisnis. Bisnis sukses membutuhkan waktu untuk tumbuh dan berkembang menjadi baik. 

0 Response to "Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis Pemula"

Post a Comment