5 Cara Ampuh Mengatasi Karyawan Yang Malas Bekerja

Tips Usaha - Mengatasi Karyawan yang Malas Bekerja. Sebuah perusahaan tentu memiliki sebuah tujuan, yaitu menjadi perusahaan yang sukses dan omzet yang besar. Sebagai manager ataupun pemimpin tentu sangat menginginkan hal tersebut terwujud. Sehingga dibuatlah manajemen dan sistem untuk meraih kesuksesan itu. 

Sistem dibentuk dengan berbagai tugas dan tanggung jawab setiap bagian. Namun sering kali ada saja karyawan yang malas. Tentu saja itu akan menghambat pekerjaan dan menunda pencapaian target. Karyawan seperti itu pun tidak boleh dibiarkan, Anda harus mengatasinya. 

  Tips Mengatasi Karyawan yang Malas  

Cara Ampuh Mengatasi Karyawan Yang Malas

Beberapa cara di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Sampaikanlah 

Karyawan tidak akan berubah menjadi rajin jika Anda hanya bergumam dan berkomentar tentangnya dalam hati. Anda harus mengatakan semuanya kepada karyawan yang bersangkutan. Karena jika tidak dia tidak akan tahu, siapa tahu itu adalah sifat mendasarnya. Cobalah untuk mengutarakannya dengan kata-kata yang bijak agar ia juga tidak tersinggung.  

2. Tanyakan penyebab

Seringkali orang yang malas memiliki penyebab tersendiri. Misal karena sedang tidak enak badan, mood sedang jelek, atau ada masalah keluarga dan berselisih dengan rekan kerja. Jika dia sudah memberi tahukan kepada Anda sebagai pemimpin yang baik tentu harus membantunya. Saat berbicara berusahalah menimbulkan suasana yang kondusif supaya karyawan yang bersangkutan tidak merasa dihakimi.

Baca juga : Cara Mencari Karyawan yang Berpotensi dan Jujur

3. Nasihatilah

Pemimpin yang baik harus bisa mengarahkan karyawannya ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, nasihatilah ia supaya berkembang menjadi insan yang baik. Anda juga berkewajiban untuk membantunya. Beri tahu manfaat dan kerugian yang didapat dari bersikap malas atau sikap jelek yang lain. Jangan lupa untuk memotivasinya dengan kenaikan pangkat, kenaikan gaji, citra yang baik, rekomendasi posisi, dan lainnya. Hal tersebut dilakukan supaya ia mau berusaha lebih baik. 

4. Memantau perkembangan

Setelah semua dibicarakan maka sekarang saatnya menunggu perubahan darinya. Amatilah secara baik-baik namun jangan terlalu mencolok. Anda bisa memantaunya dengan mewancarai orang yang terkait atau berhubungan kerja erat dengannya. Hal tersebut dilakukan supaya diketahui langkah Anda berhasil atau tidak. 

5. Berikan balasan 

Setelah Anda sudah melakukan beberapa langkah di atas lihatlah bagaimana karyawan minimal 3 bulan setelah berbicara dengannya. Apakah ada perubahan? jika sudah ada perkembangan cobalah untuk memberikan balasan berupa penghargaan. Namun penghargaan bukan hanya berbentuk uang, bisa dengan memberikan pujian, ucapan selamat di depan umum, hadiah makanan, dan lainnya. 

Apabila karyawan Anda tidak menunjukan perubahan maka dia harus ditindak secara tegas. Anda harus tega memberikan sanksi atas kelakuannya. Tetapi jangan memberikannya secara kasar, tetap berikan pengertian supaya dia paham bahwa itu layak didapatkannya. 

Itulah cara ampuh untuk mengatasi karyawan yang malas. Cobalah untuk membantunya menghilangkan sifat malas, bukan hanya menghakiminya. Sebab itu akan menambah tekanan fisik maupun batin. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Ampuh Mengatasi Karyawan Yang Malas Bekerja"

Post a Comment