5 Cara Mencari Karyawan yang Berpotensi dan Jujur

Tips Bisnis - Mendirikan perusahaan tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kekuatan dan kekompakan tim untuk meraih kesuksesan. Seluruh elemen perusahaan harus sehat dari direktur, manager, kepala bagian, sampai karyawan. Untuk melancarkan dan memberikan produk berkualitas baik tentu dibutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan handal.

  Tips Mencari Karyawan Berpotensi Untuk Perusahaan  


Cara Mencari Karyawan yang Berpotensi dan JujurUntuk itu Anda harus mencari tahu bagaimana potensi dari karyawan. Berikut beberapa cara untuk mencari karyawan yang memiliki potensi. 
1. Jalin hubungan berkesinambungan

Awasi semua karyawan Anda dengan baik. Anda bisa melakukannya dengan cara menjalin hubungan terus. Jangan sampai hubungan ini terputus supaya terus dapat berkomunikasi. Dari berkomunikasi, Anda bisa mengetahui potensi karyawan yang sebenarnya. Komunikasi akan membuat mereka merasa dianggap dan diperlakukan baik. Tentu ini akan mendukung mereka untuk bekerja lebih baik. 

Bisa juga dengan memanfaatkan data diri karyawan. Seperti email kemudian kirimkan materi yang mampu mengedukasi mereka atau dengan membuat grup di email atau facebook lalu mengupload artikel sebagai sarana belajar. 

2. Tempat yang tepat

Untuk menemukan karyawan yang tepat, Anda bisa menemukannya di forum yang tepat. Misal seperti apabila Anda mencari eksekutif untuk langkah merger perusahaan maka temukanlah di forum Asosiasi Pertumbuhan Korporasi.  Bisa juga dengan memasang iklan lowongan di media massa maupun elektronik. 

3. Berprestasilah

Supaya orang terbaik mendaftar ke perusahaan, buatlah perusahaan Anda berprestasi. Hal ini tentu akan meningkatkan pamor dari perusahaan dan akan banyak orang terbaik yang melamar perusahaan Anda. Atau Anda bisa memulai dengan menulis buku dan menjadi pembicara di seminar maupun workshop. 
Menjadi pembicara tentu membuat masyarakat mengenal Anda dan perusahaan. Oleh karena itu janganlah lupa untuk selalu membawa nama perusahaan dimanapun Anda berada. Ini juga akan mengantarkan perusahaan menjadi “artis” industri.

Baca juga : Tips Meningkatkan Modal Bisnis Agar Cepat Berkembang

4. Door to door

Apabila Anda termasuk yang kesulitan mencari karyawan, lakukanlah hal ini. Untuk taraf menajer ke atas, Anda bisa merekrut orang dengan menawarkan langsung padanya. Tentu Anda harus mencari tahu dahulu bagaimana latar belakangnya setelah itu barulah menghubungi target. Tawarkan posisi dan keuntungan jangka panjang serta beri tahu pula permasalahan yang dihadapi perusahaan. 

Seperti yang dilakukan oleh Steve Hall owner dari situs jual beli otomotif driversselect. Dia menelpon pemenang dari penghargaan kemudian menawarkannya untuk bekerja sebagai penasihat profesional. Akhirnya Steve mendapatkan manager servis terbaik. Apabila ingin mencari karyawan biasa, Anda bisa menawarkan ke sebuah komunitas atau menempel pamflet lowongan kerja. 

5. Jobdesk yang jelas dan terperinci

Untuk memudahkan kerja para karyawan, anda juga harus menuliskan atau menjelaskan secara rinci job dari setiap bagian. Hal ini telah dibuktikan oleh Jennifer Walzer. Sejak perekrutan dia memberikan gambaran budaya dan deskrips job di perusahaannya. Alhasil masuklah 125 surat lamaran dan 5 termasuk orang terbaik. 

Demikianlah berbagai cara untuk mendapatkan karyawan berpotensi di tempat anda. Namun ingatlah bahwa prestasi bukan satu-satunya jalan menemukan karyawan terbaik. Anda haru melihat komitmen dan kerja keras yang dia lakukan. 

0 Response to "5 Cara Mencari Karyawan yang Berpotensi dan Jujur"

Post a Comment