5 Tips Membuat List Anggaran Biaya Bagi Pebisnis

Tips Usaha - Bisnis kecil biasanya hadir karena adanya keterbatasan modal. Namun banyak dari mereka sukses di kemudian hari. Hal ini dikarenakan adanya pengembangan bisnis. Untuk mengembangkan suatu bisnis tentu dibutuhkan keuangan yang sehat. Keuangan yang sehat dapat dimulai dari mengganggarkan biaya usaha dengan baik. 

  List Anggaran Biaya Bagi Pebisnis  


Sebagai seorang bisnis yang memulai semua dari nol tentu harus sangat memperhatikan besar biaya yang masuk maupun keluar. Jangan sampai pengeluaran membengkak atau tidak seimbang dengan pemasukan. Oleh karena itu diperlukan anggaran supaya lebih jelas.

Berikut beberapa tips dalam membuat anggaran biaya:


1. Menggunakan Ms. Excel

Teknologi sekarang selalu berusaha untuk membantu Anda dalam beraktifitas. Salah satunya adala microsoft excel. Aplikasi tersebut membantu Anda dengan menghitung cepat. Anda cukup menginput pemasukan dan pengeluaran pada spreadsheet. Hal tersebut akan membantu Anda untuk menaksir pendapatan yang bisa digunakan untuk penyediaan bahan atau membayar karyawan. Jangan lupa memasukan pajak, tagihan sewa, listrik dan air.

2. Kualitas produk

Sebagai pebisnis atau owner, Anda tentu dituntut untuk mengetahui kualitas produk atau jasa yang dihasilkan. Dengan begitu Anda bisa tahu seberapa besar dana yang digunakan untuk investasi dan keperluan. Investasi sangat diperlukan terutama untuk mengembangkan bisnis karena persaiangan yang semakin ketat. Anda juga bisa belajar tentang kualitas yang baik dengan sesama pebisnis atau membaca dari buku.

3. Ada angka toleransi

Apabila selama 3 sampai 6 bulan Anda masih belum bisa mengendalikan keuangan. Hal ini mungkin karena perdiksi Anda yang kurang baik. Untuk mengatasinya Anda bisa menganggarkan uang cadangan atau memberikan anggaran per item ditambahkan toleransi yang lebih besar dari perkiraan (asal yang wajar saja demi penghematan).

Baca juga : Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

4. Memantau secara rutin 

Untuk perusahaan yang sudah besar dan sukses biasanya penyusunan anggaran dilakukan per tahun. Tetapi sebaliknya untuk para pengusaha yang sedang merintis harus menyusunnya lebih sering. Misal lakukanlah 1 bulan sekali. Hal ini dikarenakan usaha kecil lebih sensitif terhadap persoalan sehingga lebih sering muncul kebutuhan mendadak. Jika penyusunan tidak dilakukan sering maka arus keuangan akan terganggu. 

5. Harga terbaik

Dalam membuat anggaran bisnis tentu Anda harus merincinya sejelas mungkin. Jadi penyediaan barangpun harus Anda catat. Akan lebih baik lagi untuk membandingkan harga satu pemasok dengan pemasok lain. Pilihlah yang memberikan harga murah namun kualitas tetap standar. Tentu Anda bisa mendapatkan harga miring melakukan pengadaan secara berkala. 

Hal di atas harus Anda perhatikan baik-baik supaya bisnis dapat berkembang dengan sehat. Dalam anggaran tentukan biaya pemasukan maupun pengeluaran dengan wajar. Jika ingin meraih kesuksesan tekanlah biaya operasional sehemat mungkin sehingga akan lebih banyak tersedia dana untuk pengembangan. 

0 Response to "5 Tips Membuat List Anggaran Biaya Bagi Pebisnis"

Post a Comment