5 Cara Memulai Usaha Laundry yang Sukses dengan Modal Kecil

Tips Usaha - Memulai Usaha Laundry. Berbagai inovasi dilakukan untuk memulai bisnis, salah satunya adalah bisnis Laundry. Seiring perkembangan zaman, gaya hidup juga ikut berubah. Hal itulah yang membuat Laundry berpotensi sebagai bisnis. Kesibukan masyarakat terutama di daerah perkotaan membuat mereka tidak mempunyai waktu untuk membersihkan pakaian mereka. Sehingga diperlukan pihak yang bisa mencuci pakaian mereka dan muncullah bisnis Laundry sebagai solusi dari permasalahan ini.

Menurut Ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI),  Wasono Raharjo, bisnis laundry tidak bisa dianggap remeh. Dengan modal yang ada, pebisnis laundry bisa menghasilkan omzet dua kali lipat setiap bulannya jika dijalankan dengan baik. 

Semakin banyaknya pelaku bisnis laundry membuat bisnis ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan melakukan sedikit inovasi dapat membuat Anda ikut berkompetensi di bisnis Laundry ini. Untuk itu Anda bisa mempelajari kiat-kiat sukses bisnis Laundry berikut:

Panduan Plan Sukses Memulai Usaha Laundry dengan Modal Kecil

1. Pilihlah lokasi bisnis yang tepat
Seperti bisnis lainnya, lokasi bisnis merupakan komponen penting dalam menjalankan usaha. Dalam bisnis laundry, pilihlah lokasi yang ramai dan strategis agar memudahkan konsumen. Pilihlah lokasi sekitar kost, kampus, perumahan atau perkantoran. Pilihlah di daerah perkotaan dimana masyarakatnya yang relatif sibuk bekerja.

Selain itu Anda juga harus berinovasi dengan jasa laundry ini, misalnya dengan menawarkan fasilitas antar jemput cucian. Inovasi juga bisa dilakukan dengan sistem online sehingga membuat usaha Anda lebih menarik di mata konsumen.

Baca juga : Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat Dan Strategis

2. Buat Konsumen Percaya Pada Usaha Laundry Kiloan Anda
Kepercayaan konsumen merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda. Oleh karena itu Anda harus selalu menjaga kualitas dengan memperhatikan kebersihan, ketepatan waktu dan kewangian cucian. Hal-hal inilah yang bisa meningkatkan kepuasan konsumen, sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia laundry Anda.

Lihat juga : Cara Menarik Perhatian Konsumen

3. Ketepatan Waktu Pengerjaan Cucian
Kiat selanjutnya untuk kesuksesan bisnis laundry Anda adalah Ketepatan Waktu. Cobalah untuk selalu tepat waktu dalam mengerjakan cucian konsumen bahkan jika Anda bisa menyelesaikan cucian sebelum waktu janjian justru lebih baik. Hal ini tentu akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen.

Waktu merupakan hal yang tidak dapat dikembalikan. Sehingga berhati-hatilah jika melakukan kesalahan mengenai waktu. Cobalah bersikap jujur pada konsumen tentang waktu Anda dapat menyelesaikan cucian mereka. Jangan sampai Anda berbohong demi mendapatkan keuntungan jangka pendek padahal Anda tidak menyanggupinya. Maksimalkan peluang usaha laundry anda dengan baik.

4. Berikan Layanan Lain
Persaingan dalam bisnis ini semakin sengit setiap harinya, karena bisnis ini bisa dibilang dapat menjanjikan. Oleh karena itu diperlukan fasilitas lain seperti kupon berhadiah, antar jemput dan jasa laundry gratis dengan ketentuan tertentu yang bisa menarik pembeli.

Dengan memberikan fasilitas yang berbeda dengan pesaing lain, Anda bisa membuat konsumen tetap setia dengan laundry Anda. Semoga dengan tips diatas usaha laundry anda akan sukses.

0 Response to "5 Cara Memulai Usaha Laundry yang Sukses dengan Modal Kecil"

Post a Comment