3 Tips Mudah Untuk Mengontrol Arus Kas Bisnis

Tips Usaha - Untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda harus jeli dalam mengatur aliran kas usaha. Kemampuan Anda dalam mengelola keuangan juga menjadi cerminan kepemimpinan dalam bisnis. Pemimpin yang baik tentu akan mengelola keuangan maupun manajemen dengan baik. 

Tentu bukan hal yang mudah memang. Dalam mengelola keuangan, tiap perusahaan memiliki cara masing-masing. Sebaiknya Anda memilih cara mengelola arus kas yang menurut Anda mudah, efektif, dan akurat. Keuangan yang baik tergambarkan oleh arus kas yang baik dan lancar. Kontrol terhadap kas perlu dilakukan supaya menghindari penggunaan atau pengambilan uang yang tidak seharusnya. 

  Cara Mengontrol Arus Kas Agar Tetap Normal  

Tips Mudah Untuk Mengontrol Arus Kas BisnisKotrol juga bisa mengantisipasi penggunaan yang berlebih. Anda bisa menganalisa pula mana dana yang bisa ditekan. Mengontrol arus kas akan menghindari penyalahgunaan wewenang yang tidak seharusnya. Karena penggunaan kas harus digunakan dengan persetujuan dari pimpinan. Untuk mengontrol kas dengan baik, berikut beberapa tips dari kami. 

1. Sistem voucher

Anda bisa menggunakan sistem voucher ini. Voucher digunakan setiap ada transaksi pengeluaran maupun pemasukan kas. Jadi voucher digunakan pula sebagai alat kontrol transaksi yang terjadi. Tentunya voucher hanya diberikan kepada pihak-pihak yang dipercaya oleh pemimpin. Pemimpin akan memberikan persetujuan atau tidak atas voucher tersebut sehingga transaksi yang berlangsung dapat dikontrol dengan baik. Tidak akan pula ada penyelewengan sebab semua transaksi diketahui oleh Anda. 

2. Dengan bantuan bank

Rekening bank tentu bukan hal yang asing bagi para pelaku usaha. Rekening biasa digunakan untuk memudahkan transaksi keuangan baik dengan klien atau pelanggan maupun dengan mitra. Untuk menjaga kas, tentu setiap bank memiliki sistem tersendiri. Anda pun akan dengan mudah mendapatkan rekapan dari pihak bank misal dengan mengeprin buku tabungan. Kas pun akan terkontrol dengan baik. Bisa juga dengan meminta pihak bank untuk memberikan laporan per bulannya dengan menggunakan rekening Koran. Rekening tersebut juga dapat diminta sewaktu-waktu saat Anda membutuhkan.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Modal Usaha

3. Petty Cash

Meskipun transaksi yang dilakukan sering dan bernilai kecil, bukan berarti Anda tidak harus mengontrol keuangan. Karena sangat penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Anda bisa menggunakan Petty Cash yang cocok untuk transaksi rutin dan bernilai kecil. Ini merupakan pembuatan dana kas kecil. Besar dana kas tersebut ditentukan oleh Anda. Hal tersebut dilakukan supaya mengetahui besar dana usaha yang harus dikeluarkan dalam waktu tertentu.

Beberapa tips di atas sudah banyak yang dilakukan oleh berbagai perusahaan besar. Silahkan coba Anda praktekan di bisnis Anda. Perhatikan pula cara mana yang paling efektif untuk skala bisnis Anda. Anda harus memberikan pemegangan kas kepada orang terpercaya yang dapat mengemban amanah dengan baik. Selamat mencoba dan salam sukses!

0 Response to "3 Tips Mudah Untuk Mengontrol Arus Kas Bisnis"

Post a Comment