5 Tips Menjadikan Waktu Kerja Lebih Efektif dan Produktif

Tips Usaha - Cara Menjadikan Waktu Kerja Lebih Efektif dan Produktif. Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini dilakukan guna memenuhi semua barang yang dibutuhkan. Dalam melakukan suatu pekerjaan tentu dibutuhkan waktu tertentu agar dapat terselesaikan. Anda tentu harus memperkirakan waktu dengan baik supaya tidak mengganggu tugas lain yang menjadi tanggung jawab.

Dengan memanajemen waktu dengan baik tentu hasil pekerjaan akan lebih maksimal. Namun banyak dari kita yang kurang bisa mengefektifkan waktu dengan baik. Mengefektifkan waktu tentu akan membuat Anda lebih banyak menyelesaikan pekerjaan. Memang tidak mudah untuk dilakukan, berikut 5 tips agar waktu kerja Anda lebih efektif.
Tips Menjadikan Waktu Kerja Lebih Efektif dan Produktif

Panduan Cara Menjadikan Waktu Kerja Lebih Efektif dan Produktif

1. Fokus
Point yang paling utama untuk menjadikan waktu kerja Anda efektif adalah fokus. Dengan Anda fokus maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan. Fokus artinya Anda memusatkan pikiran pada pekerjaan yang sedang dilakukan dan tidak memikirkan hal lain. Fokus pada apa yang dilakukan tentu tidak mudah karena akan banyak gangguan untuk mewujudkannya. Seperti diajak berbincang dengan teman, ada telefon, dan melihat sosial media.

Lihat juga : Tips Agar Tetap Konsisten Dalam Berbisnis

2. Memperkirakan dengan baik
Perkirakan segala aktifitas yang akan direncanakan dengan baik. Anda bisa menjadikan aktifitas terdahulu sebagai acuan untuk memperkirakan waktu. Misal Anda harus rapat pada pukul 10.00 WIB. Jadi Anda tentu harus menentukan waktu bangun jam berapa, perjalanan ke kantor berapa lama, dan memastikan bahan rapat beberapa lama. Anda tentu hafal bukan butuh berapa lama untuk melakukan itu semua.

Baca juga : Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis Pemula

3. Membuat skala prioritas
Dalam melakukan pekerjaan Anda juga akan dihadapkan pada beberapa situasi yang tidak mudah. Misal dihadapkan harus melaporkan keuangan ke manajer dan pada waktu bersamaan juga harus membuat rencana keuangan bulan ini. Tentu itu merupakan hal sulit karena keduannya sama penting. Oleh karena itu buatlah selalu prioritas dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

4. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan
Ada berbagai hal yang mendukung atau mengganggu pekerjaan Anda. Misal berangkat ke kantor hanya membutuhkan waktu 20 menit. Namun jika hujan akan memakan waktu sampai 30 menit. Tentu kejadian seperti itu dapat mengganggu keberlangsungan aktifitas selanjutnya. Oleh karena itu sesuaikanlah jadwal Anda dengan kondisi sekitar lainnya. 

5. Anggarkan waktu bersama cadangan
Hal terakhir adalah menyiapkan waktu cadangan. Jadi dalam mengestimasi waktu Anda harus menganggarkannya agak berlebih. Misal untuk membuat laporan sebenarnya Anda bisa dalam waktu 2 jam. Tetapi kita tidak tahu bukan apakah ada halangan dalam mengerjakannya atau tidak. Oleh karena itu sebaiknya Anda memperkirakan untuk membuat laporan 2,5 jam. Ini dilakukan supaya tidak mengganggu aktifitas Anda lainnya.

Artikel Lainnya : Cara Mempertahankan Daya Juang Bisnis

Seperti itulah cara menjadikan waktu kerja lebih efektif dan produktif. Hal yang paling penting ialah selalu manfaatkan waktu meskipun itu hanya 1 menit. Sahabat klikcara.com akan menyesal jika tidak menggunakan waktu dengan baik. Namun bukan berarti Anda mengabaikan waktu istirahat. Tetaplah menetapkan waktu untuk beristirahat agar tubuh tetap fit untuk beraktifitas. 

0 Response to "5 Tips Menjadikan Waktu Kerja Lebih Efektif dan Produktif"

Post a Comment