5 Cara Benar Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

KlikCara.com - Di jaman sekarang ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Sudah sangat banyak pesaing di luar sana mulai dari tingkat pendidikan, kualitas serta skil yang dibutuhkan untuk bersaing di lapangan pekerjaan. Apalagi menurut data bahwa lulusan sarjana tiap tahunnya terus-menerus bertambah sekitar 2% sari seluruh bidang keahlian masing-masing.

Banyak orang yang merasa bahwa jika mereka telah memiliki kualitas yang baik maka akan sangat mudah baginya diterima dalam sebuah perusahaan atau instansi. Namun pada kenyataannya banyak pula orang yang mempunyai kualitas namun harus tetap mengantri untuk mendapatkan lowongan kerja. Anda perlu mempertimbangkan dan mencari tahu penyebabnya, mungkin saja itu tidak terletak dari kualitas anda namun hanya berasal dari hal kecil seperti berkas lamaran.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa surat lamaran kerja yang menjadi salah satu syarat umum dalam melamar kerja merupakan salah satu hal yang mesti diperhatikan. Surat lamaran kerja dinilai mampu mewakili pribadi seseorang dan menjadi pertimbangan beberapa perusahaan untuk meluluskan berkas administrasi mereka untuk lolos ke tahap selanjutnya. Jika anda kurang memperhatikan hal tersebut maka akan sangat merugikan bagi anda harus gagal hanya karena surat lamaran kerja.

Cara Benar Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Panduan cara agar dapat membuat surat lamaran kerja yang benar

1. Menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan yang baik dan benar
Dalam menuliskan surat lamaran kerja, anda harus mengecek satu-persatu apakah kata yang anda gunakan telah benar dan sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gunakanlah kata-kata yang umumnya digunakan dalam penulisan formal. Anda juga tidak perlu terallu kaku menggunakan bahasa, cukup jaga untuk menggunakan kata yang benar namun informasi yang anda ingin sampaikan betul-betul mampu tersampaikan melalui surat yang anda gunakan.

2. Menggunakan bahasa ringan
Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama selain menggunakan bahasa yang benar anda juga perlu mempertimbangkan bahwa bahasa yang anda gunakan tidak kaku dan tidak bertele-tele. Tidak perlu terlalu rumit dalam mendeskripsikan maksud dan tujuan anda dengan bahasa yang kaku. gunakanlah bahasa yang ringan, sehingga tidak membuat perusahaan yang akan membacanya mengalami kesulitan dalam memahami isinya.

3. Menulis dengan tulisan tangan
Pilihan menggunakan cara penulisan surat lamaran kerja bisa dengan ketik digital atau dengan tulisan tangan. Sebaiknya anda menggunakan tulisan tangan dalam menulis surat lamaran kerja, sebab dengan cara itu perusahaan bisa menilai karakter anda lewat tulisan. Usahakan tulisan anda bisa dibaca dengan mudah dan tidak terlihat cakar ayam. Untuk menghindari itu anda bisa menggunakan tulisan dengan huruf blok atau huruf capital.

4. Melengkapi Data
Sebelum menuliskan surat lamaran kerja anda harus memeriksa kelengkapan data apa sajakah yang dibutuhkan perusahaan yang sedang mencari karyawan. Dalam surat lamaran anda tuliskanlah semua kelengkapan itu dan jangan lupa untuk melampirkannya dengan lengkap. Semakin lengkap data dan berkas anda maka akan menjadi pertimbangan awal perusahaan bahwa anda orang yang teliti dan juga mampu memenuhi persyaratan mereka.

5. Lampirkan dukungan lainnya
Tambahan berkas berupa sertifikat juga sangat penting guna melampirkan berkas yang mampu mendeskripsikan kualitas dan kemampuan tambahan anda.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja

Hal : Lamaran pekerjaan
Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia
PT. Pikir Usaha
Jl. A. Pettarani

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Pikir Usaha yang saya dapatkan dari harian Radar Bogor pada tanggal 10 September 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Pikir Usaha

Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama : Muchlis H. Marwang
Tempat / tgl. lahir : Makassar, 11 Desember 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika
Alamat : Jl. Sunu Lorong 3
Telepon (HP) : 085299782464

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
  • Daftar Riwayat Hidup 
  • Foto Copy Ijazah S1 
  • Foto Copy Transkrip Nilai 
  • Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan 
  • Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,


Muchlis H. Marwang


2. Contoh Surat Lamaran Kerja

Bandung, 14 September 2015
Kepada Yth.
HRD Manager PT. Oto Daeng
Jl. Kintamani Luhur No. 8, Bandung

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Pikiran Rakyat, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                         : Lukman
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 10 Mei 1991
Jenis Kelamin             : Perempuan
Pendidikan                 : S1 Teknik Mesin 
Alamat                       : Jl. Pasundan Raya No. 7 RT/RW 001/003
Telepon                     : 08123896447887

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
  • Foto Ukuran 3x4 
  • Foto copy KTP Bandung. 
  • Daftar Riwayat Hidup. 
  • Foto copy Ijazah Terakhir. 
  • Foto copy SKHUN. 
  • Foto copy Sertifikat Competensi. 
  • Foto copy Sertifikat PKL. 
  • Foto copy Surat Keterangan Refrensi. 
Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,


Lukman

Itulah beberapa cara menulis lamaran kerja dan contohnya dan semoga mampu membantu sahabat klikcara.com agar bisa melanjutkan proses wawancara dan bekerja ditempat yang diinginkan.

0 Response to "5 Cara Benar Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya"

Post a Comment