7 Cara Cepat Membedakan Madu Asli, Campuran dan Palsu

Klikcara.com - Madu berasal dari nectar bunga yang dihisap oleh lebah. Nectar yang dihisap oleh para lebah inilah kemudian dikumpulkan pada sarang lebah dan kemudian bereaksi dengan enzim pada lebah. Setelah itu madu akan mengalami proses fermentasi hingga dihasilkan madu murni.

Madu sangat baik digunakan sebagai minuman penambah stamina tubuh dan menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, madu juga dapat dimanfaatkan sebaga bahan kosmetik misalnya sebagai masker alami untuk menyembuhkan jerawat. 

Cara Cepat Membedakan Madu Asli, Campuran dan PalsuManfaat madu yang sangat banyak inilah membuat masyarakat banyak mencari madu. Madu yang sangat baik untuk kesehatan dapat berubah menjadi penyebab penyakit karena madu kini banyak dipalsukan. Untuk membuktikan keaslian madu, Anda dapat melakukan beberapa tes.

Panduan Cara Mengetahui Kemurnian Madu Asli dan Palsu

1. Tes Madu Dengan Air
Madu asli tidak akan mudah tercampur dengan air karena tidak ada penambahan air dalam proses pembuatannya. Bahkan ketika diteteskan maka madu akan tenggelam di dasar gelas dan mengental. Sedangkan madu palsu akan sangat mudah bercampur dengan air.

2. Tes Metode Kristalisasi
Madu asli hanya terdiri dari enzim lebah sehingga tidak akan rusak jika disimpan. Madu asli akan menghasilkan endapan kental di dasar wadah kaca dan membentuk Kristal. Sedangkan madu palsu tidak akan membentuk endapan bahkan madu palsu akan terlihat sangat cair.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

3. Tes Kekentalan
Madu asli sangatlah kental. Bahkan jika menempel pada kulit Anda maka akan sulit dilepaskan. Sedangkan madu palsu yang terbuat dari campuran gula akan sangat lengket pada jari Anda dan ada bagian madu yang terus melekat.

4. Tes Madu Dengan Kertas
Madu asli sangat sedikit mengandung air. Untuk itu dapat dilakukan tes dengan menuangkan satu sendok madu asli pada selembar kertas. Maka madu asli tidak akan membuat kertas berlubang karena kadar airnya yang sedikit. Sedangkan madu palsu akan membuat kertas rusak karena madu palsu telah diberi tambahan air dan gula.

5. Tes Dengan Pasir
Madu asli memiliki ikatan yang sangat kuat dan tidak mudah berubah bentuk. Saat diteteskan pada pasir maka madu asli akan tetap pada bentuknya dan tidak akan menyebar ke bagian pasir yang lain. Sedangkan madu palsu akan menyebar pada pasir bahkan bisa sampai terserap oleh pasir karena kandungan air pada madu palsu tersebut.

Lihat juga : Cara Alami Membuat Bibir Merah

6. Tes Rasa Madu
Rasa pada madu asli tidak akan berubah walaupun tutup botol telah dibuka selama beberapa menit. Namun rasa madu asli akan berubah jika dipanaskan pada suhu tinggi. Sedangkan madu palsu hanya akan meninggalkan rasa manis gula dan aroma tambahan.

7. Tes Api
Madu asli akan menenggelamkam batang korek dan menghisap api secara perlahan karena madu asli memiliki kelembaban yang rendah. Sedangkan madu asli akan mematikan api dengan sangat cepat.

Seperti itulah cara yang praktis untuk mengetahui kualitas madu yang ingin anda beli. Semoga dengan tips membedakan madu palsu dan asli diatas anda dapat mendapatkan madu murni yang asli.

0 Response to "7 Cara Cepat Membedakan Madu Asli, Campuran dan Palsu"

Post a Comment