Panduan Cara Menggemukkan Sapi dengan Cepat

Tips Usaha - Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang merupakan anggota dari suku Bovidae. Berbagai bagian sapi dapat dimanfaatkan manusia, antara lain daging, susu, kulit sebagai sumber pangan manusia dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan tas, baju atau sepatu dari kulit. Pada beberapa tempat, sapi juga digunakan sebagai salah satu penarik alat transportasi dan membajak sawah. Sapi yang di ternak biasanya dikelompokkan menjadi sapi potong dan sapi perah.

Cara Menggemukkan Sapi dengan Cepat


Panduan Sukses Cara Terbaik Menggemukkan Sapi dengan Cepat 

Pengertian sapi potong
Sapi potong merupakan sapi yang dipelihara dengan tujuan untuk diambil dagingnya. Kebutuhan daging sapi yang selalu meningkat di kalangan masyarakat membuat beberapa orang berpikir keras bagaimana cara untuk menggemukkan sapi agar didapatkan daging yang hasilnya lebih banyak dibandingkan daging dari sapi biasa.

Beberapa orang melakukannya dengan cara yang menurunkan kualitas sapi dan sebagian melakukannya dengan cara yang alami yang tidak menurunkan kualitas sapi tersebut. Melakukan cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan ternak sapi Anda dan dengan memberikan vitamin untuk sapi.

Baca juga : Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

Syarat dan jenis Makanan
Makanan yang baik dan cocok untuk menggemukkan sapi potong adalah makanan yang disukai oleh ternak. Makanan sebaiknya mengandung gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh sapi tersebut, yaitu harus mengandung karbohidrat, vitamin ,protein, lemak dan mineral. Makanan yang baik untuk sapi adalah pakan yang masih bersih dan tidak tercemar kotoran dan bibit penyakit serta tidak rusak ataupun busuk.

Ketika mencari pakan, hindarilah mencari pada pagi hari karena rentan akan telur cacing karena makanan tersebut berembun. Jika pakan berembun, ada baiknya makanan sapi dikeringkan terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kembung atau kejang perut pada ternak.

Inilah beberapa jenis dari makanan sapi potong diantaranya yaitu :
Makanan hijau yaitu berupa rumputan, leguminosa, limbah agroindustri dan pertanian contohnya adalah jerami. Sedangkan yang termasuk leguminosa antara lain adalah dari jenis kacang-kacangan yaitu lamtoro,siratro, gamal, centro.  Daun lamtoro diberikan sejumlah 20% dari pakan hijau.

Pakan konsentrat atau penguat misalnya adalah dedak padi. Salah satu campuran yang dapat menggemukkan sapi yaitu campuran dari 30% bungkil kelapa dan 70% dedak ditambahkan 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur.

Lihat juga : Cara Budidaya Ternak Kroto yang Baik dan Menguntungkan

Pemberian Makanan
Makanan yang diberikan untuk penggemukan sapi dapat diberikan dengan perbandingan 10-12% makanan hijau dan 1-2% makanan konsentrat dari bobot badan sapi. Sedangkan waktu pemberian makanan hijau sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pada pukul 08.00, 12.00 dan 17.00.

Makanan hijau sebaiknya dipotong agar memudahkan sapi untuk memakannya. Memberikan makanan konsentrat yaitu pada pagi sebelum diberikan pakan hijau. Sedangkan pada pemberian, sebaiknya diberi sedikit makanan hijau sebelum makanan konsentrat. Makanan hijau tersebut berfungsi untuk memicu air liur sapi agar lambung sapi tidak asam. Tidak hanya kebutuhan makanan, air juga dibutuhkan minimal 20-40 liter untuk 1 ekor sapi.

Demikian penjelasan klikcara.com tentang cara yang baik untuk menggemukkan sapi kurus dengan cepat. Semoga dengan tips diatas anda dapat memiliki sapi yang gemuk dan sehat.

0 Response to "Panduan Cara Menggemukkan Sapi dengan Cepat"

Post a Comment