6 Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

klikCARA.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai memelihara ayam. Ayam yang akan kita bahas di sini adalah ayam pedaging. Ada 2 jenis ayam pedaging yaitu pejantan dan broiler ( BR ). Pemeliharaan nya tidak jauh berbeda , yang membedakan adalah lamanya masa panen. Ayam pejantan biasanya di panen setiap 56-60 hari dan ayam broiler ( BR ) biasanya di panen setiap 28-30 hari. Untuk mengetahui lebih jelasnya saya akan membahas tips mengenai Cara Mudah Memelihara Ayam Pedaging Pemula.

Memelihara ayam pedaging merupakan bisnis yang sangat menjanjikan , kerja keras anda akan terbayar sudah setelah menerima uang hasil panen ayam. Namun dalam memelihara ayam anda harus sedikit sabar akan bau kotoran nya , karena otomatis anda akan terjun langsung di kandang ayam untung memberi makan dan lainnya. Bagi anda yang ingin tau tips nya simaklah pembahasan di bawah ini.

    Cara Mudah Memelihara Ayam Pedaging Pemula    

ayam pedaging
Ilustrasi Bibit ayam kampung Pedaging
Berikut 6 Cara Memelihara Ayam Kampung Super Pedaging.

 1  Pilih bibit ayam unggul
Jangan pernah anda mencoba membeli bibit ayam yang harganya sangat murah, karena ini merupakan bibit ayam jelek yang tidak lolos seleksi penjualan. Untuk itu belilah bibit yang bagus , harga bibit ayam unggul sekitar Rp.5000/ekor.
 2  Kondisi kandang ayam
Kandang ayam tidak sembarangan , sebelum di gunakan kandang harus bersih , Bila perlu semprotkanlah desinfeksi. Selain itu , gunakanlah gabah padi yang kering sebagai alas kandang , nantinya setiap alas sudah terasa bau maka tebarkanlah lagi gabah yang baru.

Selain itu jumlah ayam harus di sesuaikan dengan jumlah ayam , sebagai catatan ukurun kandang 4x12 meter dapat di gunakan sebanyak 500 ekor ayam. Lokasi kandang pun harus di perhatikan , saya sarankan sepaya lokasinya jauh dari pemukiman. Tujuan nya , supaya bau nya tidak mengganggu dan mencemari pemukimam penduduk.

 3  Masa pengopenan
Masa pengopenan biasanya di lakukan ketika umur ayam antara 1-10 hari , ketika itu kandang harus tertutup rapat. Di dalam kandang gunakan sekitar 2-3 kompor untuk menghangatkan ayam. Kompor harus selalu menyala selama 10 hari.

 4  Perawatan
Untuk perawatan tidak terlalu sulit , pada saat ayam berusia 3 hari berilah mereka vaksin. Testeskanlah satu persatu pada matanya. Selain itu pemberian obat vitamin juga harus di lakukan , pemberian vitamin biasanya di lakukan apabila ayam sudah berusia 10 hari. Cara pemberiannya pun mudah , campurkanlah vitamin pada air di tempat minumnya. Lakukan ketika mengganti air minum di pagi hari , untuk sore hari berilah air bersih saja.

 5  Pakan
Pakan juga tidak boleh sembarangan , berilah pakan yang bagus . Pakan yang kualitasnya buruk dapat mebuat ayam sakit seperti ngorok dan mencret.

 6  Jangan melebihi masa panen
Jangan melebihi masa panen , ayam yang sudah melebihi masa panen daya tahan nya lemah dan rentan terhadap penyakit.

Jangan Lewatkan Tips Memelihara hewan Lainnya :


Itulah beberapa pembahasan seputar pemeliharaan ayam pedaging. Semoga tips di atas dapat membantu anda. Sekian saja tips dari saya kali ini mengenai Cara Mudah Memelihara Ayam Pedaging Pemula Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda sahabat klik cara terbaik.

0 Response to "6 Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging"

Post a Comment