4 Cara Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

klikCARA.com - Bagi anda pecinta burung pasti sudah tak asing lagi dengan burung yang satu ini, burung kenari memang sering menjadi burung favorit bagi para pecinta dan kolektor burung di Indonesia, bentuknya yang kecil namun sangat cantik dan bersuara merdu adalah beberapa faktor mengapa burung ini banyak digemari, dan yang paling penting harga burung ini yang terbilang sangat murah namun memiliki kualitas suara yang sangat memuaskan, namun bagi kalangan pemula sering kali kurang tahu cara merawat kenari yang baik sehingga bisa bersuara baik, maka dari itu disini saya akan membagikan tips bagi anda mengenai 4 Cara Penting Merawat Burung Kenari Untuk Pemula 

Faktor lain mengapa burung ini disuakai ilah karena jenis burung ini sering dilombakan, dan menjadi ladang penghasilan bagi mereka yang memang sukses merawatnya, nah sekarang yang menjadi pertanyaan anda bagaimana sih cara merawat kenari yang baik dan benar itu, karena kedisiplinan dan keuletan kita dalam merawat jelas akan berdampak pada burung yang akan sangat fit dan bersuara nyaring nan cantik.

    4 Cara Penting Merawat Burung Kenari Bagi Pemula    

Burung Kenari
Ilustrasi Foto Burung Kenari   
Berikut panduan lengkap atau cara merawat burung kenari bagi pemula.

 1  Hindari sinar matahari langsung
Menjemur burung memang bagus namun jangan sampai anda menjemur kenari di tengah siang hari bolong, karena Sengatan sinar matahari langsung pada saat cuaca terik bisa menyebabkan kematian pada burung akibat serangan heat stroke. 

Seperti yang saya bilang bahwa menjemur burung sangat baik yakni di waktu yang tepat,jika anda ingin menjemur burung, waktu yang disarankan adalah pagi saat matahari terbit dan sore hari saat matahari akan terbenam. Namun bukan berarti anda bisa seenaknya anda juga harus melakukan pengawasan jika burung kenari anda sudah terlihat terengah-engah, segera angkat dan teduhkan kenari anda, selain itu anda juga bisa menutup sebagian atap sangkar dengan kain agar burung mendapat naungan memadai.

 2  Ketersediaan air bersih
Faktor yang tak bisa anda lupakan adalah ketersedian air untuk perlu anda ketahui bahwa  kenari seekor Kenari memiliki metabolisme yang tinggi dan tidak bisa hidup tanpa air selama lebih dari 24 jam. Maka dari itu penting sekali untuk memberikan air bersih  setiap harinya, jika perlu gunakan air kemasan bermerek atau isi ulang untuk menjaga kebersihan dan terhindar dari kaporit.

 3  Waspada kehadiran kutu atau tungau
Hal yang sering tidak diketahui bagi seorang pemula ialah ancaman dari kutu atau tungau, ini merupakan parasit yang sering mengganggu burung. Jangan pernah anggap remeh karena parasit ini bersifat membunuh secara pelan-pelan, baik dari dalam tubuh (cacing dan tungau kantung udara) maupun dari luar tubuh (tungau merah). Maka segeralah cepat tanggap untuk mengusir kutu atau Tungau ini.

 4  Hindari dari Angin Kencang.
Saat anda menjemur burung jangan sampai terkena angin kencang, coba untuk cari tempat dengan angin yang normal saja, untuk mengecek kencang tidaknya angin yang menerpa burung anda bisa taruh lilin menyala jika api sudah bergerak liar maka pindahkan, Dampak dari burung yang terlalu sering terkena angin kencang ialah besarnya potensi mendapat penyakit. Atau Bungkus sarangnya dengan kain agar angin bisa tertahan.

Jangan Lewatkan Tips Menarik Lainnya :

Sekian saja tips dari saya mengenai 4 Cara Penting Merawat Burung Kenari Untuk Pemula. Semoga tips diatas dapat membantu sahabat klik cara terbaik untuk melakukan perawatan pada burung kenari aga bisa hidup sehat dan memiliki bunyi yang bagus.

0 Response to "4 Cara Merawat Burung Kenari Bagi Pemula"

Post a Comment