10 Langkah Atasi Karburator Motor Banjir Tanpa Kehadiran Montir

klikCara.com - Karburator Motor Banjir. Saat ini telah banyak motor yang didesign menggunakan sistem injeksi. Dimana motor dengan menggunakan sistem injeksi ini dipromosikan lebih irit bahan bakar. Tidak hanya itu motor dengan sistem injeksi pun sudah terbebas dari masalah karburator bocor atau sering juga disebut dengan karburator banjir. Namun hal tersebut masih berlaku pada motor yang belum menggunakan sistem injeksi.

  Tips Mengatasi Karburator Motor Banjir  

Karburator Motor Banjir

Tentunya masih banyak motor yang mengalami kejadian tersebut. Dimana fungsi karburator tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mengingat fungsi karburator tersebut mengkabutkan bensin ke dalam silinder. Penyebab terjadinya karburator banjir adalah bagian needle valvenya tidak menutup dengan sempurna.Sehingga menyebabkan pada bagian pelampung menjadi menjadi meluap karena needle valve tersebut tidak menutup. Nah bagi anda yang sering mengalami masalah tersebut silahkan simak cara memperbaiki karburator banjir.


Berkut 10 Langkah Mudah untuk Atasi Karburator Motor Banjir

  • Jika motor anda menggunakan filye udara standard, lepaskan lebih dahulu untuk memberi kemudahan ketika melepas karburator.
  • Lepaskan karburator pada bagian silinder head. Dimana untuk melepasnya anda perlu melepas dua baut. Kemudian anda juga perlu melepas kabel gas dan juga choke.
  • Saat anda telah mendapatkan karburator terlepas dari perangkatnya, cara memperbaiki karburator banjir selanjutnya adalah membongkar karburator tersebut. Untuk membongkarnya anda perlu melepas 4 baut yang berada ada bagian bawah karburator tersebut. 
  • Kemudian buka ruang pelampung yang bagian tersebut terbuat dari plastik. Tariklah sindiknya untuk melepaskan pelampung tersebut dari karburator. 
  • Dalam melepaskan pelampung tentunya akan menarik needle valbe juga yang merupakan katup pembuka dan penutup pelampung. 
  • Cara mengatasi pelampung bocor adalah dengan melakukan penyetelan. Dimana penyetelan tersebut dilakukan dengan membengkokkan keatas. Usahakan membengkokkan logamnya tidak terlalu banyak.Agar needle valvenya yang menjadi dudukan tidak semakin rusak.
  • Setelah melakukan penyetelan tersebut, pasanglah pelampung dan juga needle valvenya kembali.
  • Lakukan juga tindakan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk dimana lubang tersebut berhubungan dengan bensin. Langkah selanjutnya adalah dengan menggerakkan pelampung ke atas dan kebawah. 
  • Setelah mencobanya anda harus memastikan bahwa bagian pelampung berada dibawah, dan juga needle valve nya terbuka
  • Tentunya ketika posisi pelampung sejajar dengan needle valvenya maka akan menutup dengan secara sempurna. Namun jika terdapat hal yang benar anda masih bisa melakukan penyetelan ulang. Setelah memasang pelampungnya anda bisa kemudian memasang karburatornya
Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kebocoran ada pelampung pada karburatornya. Namun anda juga perlu mengetahui cara karburtor yang banjir dikarenakan komponennya telah aus. Dimana cara mengatasinya adalah dengan melakukan skir pada area jarum pelampung. Jika hal tersebut masih saja bermasalah anda bisa mengganti karburatornya dengan yang baru

0 Response to "10 Langkah Atasi Karburator Motor Banjir Tanpa Kehadiran Montir"

Post a comment