Mengenal Khasiat Melon Bagi Kesehatan

klikcara.com - Setiap orang pasti menyukai buah melon. Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini termasuk buah yang banyak diminati orang. Bukan hanya rasanya namun juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Di pasar, swalayan atau toko buah, kita bisa dengan mudah mendapatkan buah melon.

  Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan  

Mengenal Khasiat Melon Bagi KesehatanDengan rasanya yang menawan dan harga yang murah meriah, buah melon menjadi primadona dan banyak orang. Tak hanya murah dan segar, buah ini menyimpan berjuta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Melon mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam melakukan metabolisme. 

Berikut beberapa khasiat buah hijau bundar manis ini bagi kesahatan.


1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin yang paling banyak terdapat dalam buah melon adalah vitamin A. Karenanya banyak peneliti mempercayai bahwa dengan mengonsumsi buah melon bisa mencegah katarak, degenarsi makula, menjauhkan mata dari sinar radiasi, mata merah dan menjaga kesehatan mata lainnya.

2. Mencegah Diabetes dan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Buah melon mengandung zat pektin yang dapat membantu perpindahan glukosa ke dalam aliran darah. Hal ini akan membuat tubuh terbebas dari risiko diabetes. Nutrisi lain yang terdapat dalam buah melon juga dipercaya mampu menetralkan kadar glukosa dalam darah.

Oleh karena itu penderita diabetes diperbolehkan untuk mengonsumsi buah melon meskipun memiliki rasa yang manis. Selain itu, kandungan nutrisi buah melon mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, dan hipertensi.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah melon kaya akan kandungan seratnya. Serat dalam buah melon bisa membuat sistem pencernaan menjadi semakin sehat. Selain itu perut kita akan merasakan kenyang lebih lama. Tidak hanya apel, buah melon juga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan program diet.

Baca juga : Manfaat Labu

4. Mencegah Kanker

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan nutrisi dan senyawa organik yang dimiliki buah melon sangat baik sebagai anti kanker. Buah ini dapat membantu pencegahan kanker usus, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker mulut. Di samping itu, nutrisi dan senyawa pada buah melon juga mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika menginginkan tubuh yang bugar dan sehat, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, kita hanya perlu mengonsumsi buah melon. Studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin A dan C serta nutrisi pada buah melon sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh kita juga bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit maupun infeksi karena vitamin A dan C yang terdapat pada buah melon tersebut merupakan senyawa antioksidan.

Demikian beberapa manfaat buah melon yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Tidak diragukan lagi, konsumsi buah melon secara rutin semestinya dilakukan oleh kita karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah melon tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Khasiat Melon Bagi Kesehatan"

Post a Comment