7 Tips dan Syarat Membuat Usaha Rental Mobil

Tips Bisnis - Untuk beraktifitas kini banyak orang yang semakin membutuhkan kendaraan yang praktis. Kendaraan yang paling banyak digemari adalah mobil. Hal tersebut dikarenakan mobil memiliki ruang yang luas sehingga mampu mengajak teman atau orang lain dan membawa barang yang diperlukan. Namun karena harga 1 mobil yang mahal tak semua orang memilikinya.

  Tips dan Syarat Membuat Usaha Rental Mobil  

Tips dan Syarat Membuat Usaha Rental Mobil

Anda bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan membuka jasa penyewaan mobil. Anda bisa menyewakannya per 6 jam, 12 jam atau 24 jam dengan biaya berbeda. Di bawah ini akan diuraikan tips dan syarat untuk membuka usaha rental mobil.

Berikut Tips dan Syarat Membuat Usaha Rental Mobil

1. Lokasi yang strategis

Untuk memudahkan penyewa menemukan jasa Anda sebaiknya pilihlah tempat yang strategis. Anda bisa memilih tempat yang dekat dengan jalan raya atau pusat keramaian seperti kampus, pasar, GOR, atau sekolah. Jangan lupa untuk memasang papan nama yang unik dan mencolok.

2. Memilih mobil yang sesuai selera

Tentu memiliki rentalan mobil mengharuskan adanya pengadaan mobil. Pilihlah mobil yang disukai oleh pasar. Misal mobil dengan kapasitas banyak. Jika demikian lakukanlah pengadaan mobil seperti avanza, xenia, suzuki APV, dan lainnya. Anda tentu bisa membeli mobil atau meminjam mobil teman dengan sistem bagi hasil.

Jangan lupa untuk memperhatikan biaya operasional dan suku cadang mobil. Sebaiknya Anda memilih mobil yang hemat bbm serta suku cadang mudah ditemukan dan murah.

Baca juga : Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

3. Promosi semaksimal mungkin

Tentu Anda ingin memiliki pelanggan yang banyak bukan? Oleh karena itu buatlah rencana pemasaran yang matang. Salah satunya dengan promosi semaksimal mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan beriklan di sosial media, membuat selebaran, memberikan harga khusus atau diskon berjangka. Lakukan promosi yang menarik supaya calon pelanggan tertarik memilih rental Anda.

4. Gunakan jasa asuransi

Bisnis rental mobil memiliki risiko yang tinggi seperti mobil dibawa pergi penyewa atau penyewa mengalami kecelakaan saat menggunakan mobil. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda menggunakan jasa asuransi. Pilihlah jasa asuransi yang memiliki perjalanan karir dan citra yang baik.

5. Manajemen sebaik mungkin

Hal ini paling efektif untuk mengatasi kehilangan kendaraan. Dengan manajemen yang baik Anda akan mendapatkan data penyewa sangat jelas. Sehingga jika terjadi hal yang tidak beres Anda bisa melacak berdasarkan data yang ada.

Lihat juga : Tips Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal

6. Bekerja sama dengan bengkel dan tempat cucian

Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika mobil dikembalikan dalam kondisi mesin tidak beres atau sangat kotor. Tentu untuk memperbaiki atau membersihkannya Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Supaya menghemat, Anda bisa bekerja sama dengan pemilik bengkel atau tempat cucian mobil. Sebagai gantinya Anda bisa menawarkan promosi usaha mereka secara gratis atau diskon menyewa mobil.

Apabila hal inti di atas sudah dilakukan dan keuntungan sudah tinggi Anda harus mengembangkannya dengan menambah armada. Anda bisa memberikan fasilitas lebih dengan sewa sopir profesional. Untuk menambah pelanggan Anda bisa juga dengan mengadakan kerja sama dengan perusahan ataupun instansi.

0 Response to "7 Tips dan Syarat Membuat Usaha Rental Mobil"

Post a Comment