5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

klikCARA.com, - Mengalami nervous atau gugup saat anda sedang ingin wawancara kerja menjadi hal yang lumrah. Bayangkan anda sedang berada dalam situasi yang mengharuskan anda tampil sempurna di depan pemuka perusahaan dan anda memiliki ekspektasi dapat diterima bekerja di tempat tersebut. Tentunya sangat sulit mengontrol rasa gugup terjadi saat situasi seperti itu.
Namun walaupun menjadi hal lumrah anda tentunya harus mempertimbangkan bahwa rasa gugup saat sedang wawancara kerja bisa saja memberikan dampak buruk kepada anda. Saat gugup kata-kata yang anda gunakan malah akan tidak beraturan dan memberikan anda gesture yang kurang baik. Sehingga dengan rasa gugup itu nantinya akan mempengaruhi hasil wawancara anda.

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

Panduan Cara Mengatasi Rasa Gugup saat ingin Wawancara Kerja

1. Melakukan Persiapan Matang
Jauh hari sebelumnya lakukanlah persiapan yang matang seperti mengenai retorika berbicara anda, pakaian yang akan anda gunakan, juga mengenai hal apa saja yang nantinya akan anda sampaikan. Dengan melakukan persiapan seperti ini membuat anda merasa anda sangat siap sehingga dapat mengurangi kekhawatiran anda dengan cara tersebut. Rasa gugup yang biasanya ada minimal akan berkurang karena anda akan lebih percaya diri dengan persiapan yang baik.

Baca juga : Tips Sukses Wawancara Saat Interview Kerja

2. Lakukan Latihan Wawancara
Mintalah kepada teman anda untuk menjadi teman latihan. Simulasikan situasi wawancara dengannya dan lakukanlah seperti dan seolah-olah anda adalah seseorang yang betul-betul sedang wawancara. Jika anda melakukan hal ini nantinya saat wawancara kerja anda akan terlihat lebih santai karena telah sering menghadapi situasi ini.

3. Datang Lebih Awal
Saat hari wawancara hindarilah untuk datang terlambat. Bahkan anda harus datang lebih awal agar bisa melakukan beragam persiapan. Dengan datang lebih awal anda bisa duduk dengan tenang dan mengatur rasa gugup. Duduk santailah sebelum anda mendapat giliran untuk wawancara. Jika datang terlambat akan membuat anda terburu-buru dan bisa saja menambah rasa gugup.

Lihat juga : Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Orang Banyak

4. Berpikir Positif
Hindari untuk berpikir negatif dan tidak mendukung wawancara anda. Think positive dan pikirkan bahwa anda akan berhasil melewati wawancara ini. Selalulah visioner bahwa wawancara ini adalah wawancara yang akan membuka rejeki anda dan karir anda.

5. Anggap pewawancara sebagai teman
Hal yang terpenting adalah jangan menganggap pewawancara sebagai polisi yang siap mengintrogasi anda. Anda adalah orang yang akan membagi cerita bersamanya. Sehingga anggaplah pewawancara sebagai teman anda yang akan siap mendengarkan segala cerita anda. Hal ini akan membuat wawancara anda terasa dan berjalan dengan lebih santai sehingga rasa gugup yang biasa melanda akan berubah dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara agar anda bisa mengatasi rasa gugup saat wawancara kerja. Semoga dengan informasi klikcara.com diatas anda dapat melewati tes wawancara dengan lancar.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja"

Post a Comment