4 Tips Jitu Mengelola Keuangan Pasca Lebaran

klikCARA.com - Setelah berpuasa sebulan penuh, saatnya umat muslim berlebaran. Meski seluruh pakaian baru dan segalanya yang baru bukanlah merupakan hal yang wajib, namun sudah menjadi kebiasaan di budaya Indonesia lebaran berarti berbelanja. Mulai dari mukena baru, sejadah, pakaian, perabot, cat rumah serta beragam kebutuhan bahan makanan.

Kebiasaan tersebut tentunya menguras banyak sekali biaya. Banyak dari rumah tangga yang pengeluarannya membludak dan membengkak saat lebaran, sehingga sulit lagi mengaturnya lagi pasca lebaran.

Tips Jitu Mengelola Keuangan Pasca Lebaran

Di bawah ini merupakan beragam cara untuk mengelola keuangan pasca lebaran.


1. Rincian Pengeluaran yang di Rinci dengan Baik
Anda sebaiknya merinci ulang segala kebutuhan anda. Diantara pengeluaran yang anda keluarkan perhatikan apakah sekiranya masih penting dipertahankan, atau mesti dikurangi sedikit ataupun dihapus sama sekali. Jika tidak begitu penting maka cobalah untuk tidak menggunakannya lagi. Missal Tv kabel dan juga jaringan internet yang mungkin jarang sekali anda gunakan.
Lihat juga: Cara Mengalokasikan Modal Usaha Agar Cepat Meningkat
2. Batasi pengeluaran harian
Anda bisa membatasi pengeluaran anda. Tentunya ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam membatasi rincian biaya yang dikeluarkan bahkan dalam sehari. Jika anda banyak mengeluarkan uang untuk makan diluar maka anda patut mencoba untuk membawa makan siang sendiri dari rumah dan bawalah buah-buahan sebagai ganti cemilan. Selain bisa menghemat cara ini juga bisa membuat anda lebih sehat.

3. Jatahi biaya harian
Jika anda sudah berhasil membatasi biaya harian anda maka patut untuk anda menghitung ulang berapa biaya yang dikeluarkan satu hari dan buatlah jatah biaya harian. Hal ini dilakukan untuk mencegah anda setidaknya mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang tidak penting. Setelah itu pisahlah dana harian anda dan cadangan.
4. Tunda untuk sementara kegiatan-kegiatan yang menghambur-hamburkan uang 
Hindarilah kegiatan seperti shopping dan juga beragam liburan yang bisa menghamburkan uang anda. Simpanah dulu rencana anda agar anda bisa memulihkan keuangan. Setelah semua pulih anda bisa lagi kembali merencanakan liburan bersama keluarga serta sesekali shopping untuk membuat anda senang.

Itulah beberapa dari tips jitu agar bisa merencanakan serta memulihkan keuangan pasca lebaran. Ingat untuk selalu mengontrol diri untuk tidak mengeluarkan dana yang besar dan tidak penting. Selamat mencoba.

0 Response to "4 Tips Jitu Mengelola Keuangan Pasca Lebaran"

Post a Comment