Tips dan Cara Terbaik

10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi

klikCARA.com - Penyakit sembelit adalah penyakit saat susah buang air besar. Saat selama beberapa hari tidak buang air, tentunya sembelit juga bisa menyebabkan badan dan tubuh bayi terkena racun makanan yang tidak terbuang melalui proses metabolisme.

Seperti seharusnya buang air idealnya harus dilaksanakan setiap hari. Sehingga jika susah buang air sangat perlu bagi sahabat klik cara khawatirkan bayi anda jika telah lebih daripada 36 jam tidak buang air, hal itu tentu saja menjadi gejala bahwa anda terserang sembelit.

  10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi  

Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Ilustrasi ibu Atasi Sembelit pada Bayi
Berikut 10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi.

 1  Pastikan terlebih dahulu bahwa si kecil memang menderita sembelit pada bayi
Si kecil bisa saja rewel atau menangis karena berbagai alasan. Untuk itu kita tidak boleh sekedar mengasumsikan bahwa buah hati sedang sembelit dan kemudian memberikan obat sembelit. Ciri-ciri dari sembelit meliputi ritme buang air besar yang tidak rutin, tinja yang keras dan juga diare. Kebanyakan kasus sembelit pada bayi jarang sekali menyerang bayi yang minum ASI. Sembelit juga biasanya terjadi saat si kecil mulai makan makanan padat. Tanda lain dari sembelit adalah bagian perut bawah yang keras dan juga sakit pada bagian perut yang akan segera hilang setelah buang air besar.

 2  Campurkan susu formula bayi dengan takaran yang tepat.
Susu formula yang dicampurkan dengan konsistensi yang terlalu kental bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Ikuti arahan yang ada dalam kemasan susu secara hati-hati karena setiap merek susu memiliki aturan campuran yang berbeda. Jangan pernah mengabaikan instruksi karena menganggap semua merek susu tidak memiliki perbedaan aturan takaran.

 3  Berikan jus prune untuk menyembuhkan sembelit pada bayi
Tambahkan prune yang dihaluskan pada menu diet bayi jika si kecil sudah memasuki masa konsumsi makanan padat. Selain itu kita juga bisa memberikan jus prune yang dicampur dengan air, jus apel atau jus buah pir. Jika kita mengetahui makanan yang cenderung membuat tinja bayi menjadi keras maka sebaiknya kita mencoret makanan ini dari daftar menu bayi. Makanan- makanan yang biasanya akan cenderung membuat tinja bayi menjadi keras dan meningkatkan resiko si kecil terkena sembelit pada bayi adalah pisang, nasi dan kentang.

 4  Jangan sampai si kecil kekurangan cairan.
Kita harus menjaga asupan cairan pada bayi untuk mencegah atau meringankan gejala sembelit pada bayi. Kita bisa memberikan air putih karena air putih adalah cairan yang paling menyehatkan. Jika si kecil menolak untuk minum air maka kita bisa menggantinya dengan memberikan jus apel pada air putih untuk menambahkan rasa.

 5  Pijat perut bayi untuk mengurangi pelebaran usus
Sejumlah besar kotoran buang air besar pada usus bisa menyebabkan pelebaran yang akan sangat menyakitkan bagi bayi. Rasa sakit ini justru akan membuat bayi menahan buang air sehingga malah akan membuat sembelitnya semakin parah. Gunakan sedikit minyak zaitun untuk mengurangi gesekan dan pijat perut bayi dalan gerakan yang lembut dan memutar searah jarum jam untuk mengurangi sembelit pada bayi.

 6  Tingkatkan asupan serat
Kita bisa memberikan bubur sayuran, buah atau gandum utuh untuk membantu mempermudah sistem kerja pencernaan.

 7  Berikan jenis asupan cairan yang tepat bagi bayi
Hindari pemberian minuman yang mengandung kafein seperti soda, minuman ringan atau teh yang justru akan membuat si kecil kehilangan banyak cairan saat beraktivitas. Berikan alternatif minuman sehat seperti air atau jus buah untuk mencegah sembelit pada bayi.

 8  Pengobatan melalui ASI
Bayi dapat merasakan makanan apa yang dikonsumsi oleh ibunya melalui ASI yang diminumnya. Sehingga ibu perlu meningkatkan asupan air minumnya hingga 6 atau 7 gelas air mineral setiap hari. Ibu juga perlu mengambil obat pencahar alami seperti jus apel atau buah plum.

Selain itu Anda perlu menambah asupan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan agar pencernaan bayi lancar dan terhindar dari sembelit.

 9  Latihan kaki
Bantu bayi untuk melakukan latihan ringan dengan membaringkannya dan membuat bayi bergerak menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Hal ini dapat membantu melonggarkan gesekan pada saluran usus dan baik untuk mengurangi gas.

 10  Obat pencahar alami
Anda dapat membuat obat pencahar alami yang aman untuk bayi, yaitu dengan merendam buah plum dengan air panas dan biarkan semalaman. Minumkan satu sendok teh air rendaman buah plum tersebut tersebut ke bayi.

Jika Anda kesulitan menemukan buah plum, gunakan apel yang dicincang. Buah plum, apel, buah persik, pir, kacang polong, dan bayam dikenal dapat mengobati sembelit secara alami pada bayi. Senyawa yang terkandung dalam makanan tersebut dapat melunakkan tinja dan mengatasi sembelit.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk
Advertisement

0 Response to "10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi"

Segala isi dan konten yang ada pada klikCARA.com memiliki Hak cipta yang sah, dan sepenuhnya dilindungi oleh Digital Millennium Copyright Act
DMCA.com