7 Cara Mudah Memelihara Ikan Koi

klikCARA.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ikan koi. Ikan koi merupakan salah satu ikan hias, warna nya yang cantik menjadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Ikan koi ini mudah stress jadi anda harus memperhatikan betul kondisi ikan ini baik dari kualitas pakan dan kebersihan kolam nya. Untuk itu bagi anda yang pemula, dan berminat memelihara ikan ini maka saya akan memberikan tips Mengenai 7 Cara Mudah Memelihara Ikan Koi.


Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah dari ikan koi, jika ikan koi anda mengikuti kontes dan menang maka otomatis harga ikan kesayangan anda akan semakin mahal. Untuk mengikuti kontes memang tidaklah mudah karena ikan koi anda harus besar dan menarik. Nah, perhatikan tips di bawah ini supaya membantu anda dalam mewujudkan menjadi jutawan ikan koi. Inilah 7 tips merawat ikan koi.

    Cara Mudah Memelihara Ikan Koi    

Ikan Koi di kolam
Ilustrasi Ikan Koi di Dalam Kolam
Berikut 7 Cara yang Baik Memelihara atau Merawat Ikan Koi agar Dapat Berkembang Biak.

 1  Kondisi kolam harus baik
Sebelum anda memelihara ikan koi, tentu anda harus memiliki kolam ikan dahulu. Kondisi kolam harus bersih dan kualitas air nya bagus serta terbebas dai zat kimia yang berbahaya untuk ikan koi anda.
Apabila anda membuat kolam baru, jangan sekali-sekali mencoba langsung memasukan ikan koi anda. Kolam baru harus di biarkan dulu beberapa hari untuk menghilangkan bau dari semen. Setelah itu anda kuras dan ganti dengan air baru yang bersih . Apabila sudah seperti itu ikan koi anda siap di masukan ke dalam kolam.

 2  Memilih ikan koi berkualitas
Ikan koi bayak di jual di pasaran, dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal. Belilah ikan koi yang harganya sesuai dengan budget anda, lalu pilihlah ikan koi yang kondisi nya sehat.

 3  Sesuaikan jumlah ikan dan kolam
Ikan koi merupakan ikan yang rentan terhadap penyakit, penyakit pada ikan koi biasanya timbul karena kondisi kolam yang terlalu padat. Selain itu apabila kolam terlalu pada maka pertumbuhan ikan koi pun tidak akan optimal.

 4  Porsi dan kualitas pakan
Pakan ikan koi banyak beredar baik di toko maupun pasar . Harganya pun beragam, dari yang murah sampai yang mahal yang di import dari jepang. Untuk pakan saya sarankan sesuaikan dengan kualitas ikan koi anda, jangan sampai anda memberikan pakan 150 ribu pada ikan koi yang harganya 20 ribu . Itu hanya akan membuang uang anda, karena ikan koi kualitas rendah di beri pakan sebagus apapun pertumbuhan nya tetap tidak optimal.

Untuk porsi makan, jangan terlalu banyak karena akan membuat kolam anda kotor. Perlu anda ketahui, sebanyak apapun anda memberikan pakan pasti ikan koi akan memakan nya. Dan sebanyak apapun ikan koi makan, akan langsung di keluarkan menjadi kotoran yang membuat kolam anda tidak bersih.

 5  Kualitas air
Kualitas air yang baik akan menentukan pertumbuhan dan kesehatan ikan koi anda. Gunakan sistem filtrasi yang baik pada kolam anda, mengganti air kolam sebanyak 10 persen setiap 1 minggu, dan menjaga suhu kolam supaya tidak berubah.

 6  Karantina ikan baru
Apabila anda menambahkan ikan baru, maka jangan langsung di masukan ke dalam kolam koi anda. Karantina ikan terlebih dahulu. Baru setelah ikan dipastikan sehat dan tidak membawa penyakit bisa di masukan kedalam kolam.

 7  Perhatikan perilaku ikan
Memelihara ikan koi harus teliti, perhatikan perkembangan ikan nya setiap hari. Jika perilaku ikan tidak biasa maka segera pisahkan dan lakukan karantina.

Jangan Lewatkan Tips Merawat Hewan Lainnya :


Itulah beberapa tips memelihara ikan koi yang baik, silahkan anda coba sendiri di rumah. Sekian saja tips dari saya kali 7 Cara Mudah Memelihara Ikan Koi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda sahabat klik Cara Terbaik.

0 Response to "7 Cara Mudah Memelihara Ikan Koi"

Post a Comment