4 Cara Mendidik Dan Mengasuh Anak Usia Dini

KlikCara.com - Metode mengasuh anak beragam macamnya, namun anda jangan kemudian beranggapan berfikiran bahwa kegiatan mengasuh anak hanya berkutat pada menunggui bayi, menyusui, memandikan, dan memberikan makanan pendamping pada bayi.Cara mengasuh anak yang demikian pastinya sudah banyak dilakukan oleh para ibu muda maupun yang sudah berpengalaman. Mengasuh anak juga sekaligus mendidik anak memiliki pengertian yang lain, dan tentunya makna mendidik di sini yaitu membimbing anak untuk memiliki pengetahuan, mengasah bakat dan kreativitas anak, serta mengenalkan perilaku yang baik kepada mereka.

  Cara Mendidik Anak Sejak Dini  

Cara Mendidik Dan Mengasuh Anak Usia Dini

Pola mengasuh anak yang benar dan tepat akan sangat berguna dan berpengaruh terhadap perkembangan kognisi, afeksi, dan psikomotor seorang anak. Karena didikan dan asuhan orang tua di saat anak masih belia akan melekat dalam ingatan mereka. Cara mengasuh anakyang diambil terkadang menjadi kesalahan fatal bagi orang tua, karena mereka tidak mengutamakan perkembangan otak yang sedang dalam masa-masa brilian. Untuk menghindari hal-hal tersebut, anda dapat mengikuti tips mendidik dan mengasuh anak yang baik.

Berikut Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Bisa Menjadi Anak yang Baik

1) Bersikap lembut dan kasih sayang

Memberikan kasih sayang yang tulus merupakan hal yang mutlak diberikan oleh orang tua kepada anak.Hal itu berguna untuk membuat anak merasa percaya diri dan terlindungi oleh sosok orang tua.Jangan sungkan memberikan pujian,pelukan dan ciuman kepada anak sebagai simbol rasa sayang kepada anak.

2) Mendengarkan celotehan anak

Anak usia satu hingga tiga tahun biasanya sudah dapat mengucapkan beberapa patah kata, seperti memanggil nama ayah atau ibunya. Namun ada juga yang sudah sangat lancar berceloteh.Ketika anak anda sedang bercerita, dengarkan dengan perhatian, dan berikan tanggapan yang membangun kepercayaan diri anak serta pengetahuan baru bagi mereka.

3) Mengenalkan anak dengan kata maaf dan terimakasih

Biasakanlah untuk meminta anak berterimakasih ketika mendapatkan pemberian dari orang lain dan meminta maaf ketika berbuat kurang benar.

4) Hindari melarang anak dengan kata “jangan”

Seorang anak yang terbiasa mendengar kata jangan memiliki dua kemungkinan. Pertama, menjadi anak yang takut atau tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu, dan yang kedua menjadi anak yang tidak patuh terhadap perintah orang tua. lihat : Cara Tepat Mengatasi Anak yang Nakal

Mendidik dan mengasuh anak yang baik menjadi tanggung jawab orang tua dalam rangka menciptakan penerus bangsa yang cerdas akal dan berbudi luhur.Maka dari itu, orang tua perlu memberikan contoh yang baik terhadap anak. Jika orang tua memberikan contoh untuk bersikap baik, anak pun akan sungkan jika akan melakukan perbuatan yang melanggar norma. Sehingga tugas orang tua tidak hanya mengasuh, tetapi juga mendidik anak supaya cerdas akal juga akhlak.

0 Response to "4 Cara Mendidik Dan Mengasuh Anak Usia Dini"

Post a comment