6 Cara Mengatasi Jantung yang Berdebar Tiba - Tiba

KlikCara.com - Cara Mengatasi Jantung yang Berdebar Tiba Tiba. Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh manusia. Ia merupakan pusat dari kehidupan kita serta kunci dari seluruh organ bekerja dengan baik. Jantung berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh jaringan serta organ tubuh. Kesehatan jantung merupakan prioritas utama bagi siapa saja, sebab jika jantung tidak sehat maka akan memberikan dampak buruk bagi keberlangsungan hidup manusia.

  Cara Mengatasi Jantung yang Berdebar Tiba - Tiba  

Cara Mengatasi Jantung yang Berdebar Tiba - Tiba

Hampir 7 dari 10 orang di Indonesia menderita penyakit jantung. Beberapa diantaranya bahkan tidak mampu bertahan dengan penyakit jantung ini. Kesehatan jantung tentunya tidak bisa dengan cara singkat diketahui, akan banyak sekali tanda dan gejala yang mungkin timbul namun tidak diketahui oleh penderita. Salah satunya ialah saat jantung biasanya berdebar-debar secara tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya. Saat hal tersebut terjadi sesorang akan merasa gelisah serta tidak tau mesti berbuat apa. Saat jantung berdebar kencang secara tiba-tiba akan memberikan sensasi kurang nyaman bagi kita.

Secara umum jantung yang berdetak dengan cepat secara tiba-tiba itu disebabkan oleh beberapa hal. Bisa saja hal tersebut terjadi saat anda kekurangan oksigen ataupun kurang terhidrasi. Beberapa penyebab lainnya juga biasanya berasal dari jenis obat-obatan yang anda konsumsi.

Oleh karena itu saat berhadapan dengan kasus jantung berdebar dengan kencang secara tiba-tiba maka anda perlu memberikan tindakan yang cepat dan mudah untuk dilakukan. Beberapa cara dibawah ini merupakan cara agar anda dapat mengatasi jantung yang berdebar tiba-tiba.

Berikut Cara Mengatasi Jantung yang Tiba Tiba Berdebar Kencang

1. Manuver Valsava

Maneuver valsava merupakan salah satu cara mengatasi jantung berdebar tiba-tiba. Cara ini anda bisa lakukan dengan menutup hidung anda dan mulut anda. Walaupun cara ini sangatlah sederhana namun akan sangat ampuh dalam mengatasi jantung yang berdebar tiba-tiba tanpa alas an yang jelas. Sebab dengan nafas yang tertahan akan memberikan sedikit dorongan kepada jantung untuk menstabilkan tempo debarannya.

2. Batuk

Saat jantung terasa berdebar tiba-tiba dengan berbatuk sedikit anda bisa memberikan peluang kepada jantung lebih teratur debarannya. Batuk dipercaya merupakan salah satu respon spontan tubuh saat ada benda asing ingin memasuki tubuh dan bukan hanya sekedar penyakit. Oleh karena anda bisa mencoba cara sederhana ini.

3. Minum air putih

Minum air putih adalah cara yang sangat ampuh dilakukan terhadap seluruh jenis penyakit. Saat jantung berdebar tiba-tiba, bisa saja disebabkan oleh tubuh anda kurang terhidrasi atau dengan kata laina nda dehidrasi namun jantung lah yang pertama kali mereponnya. Oleh karena itu segera meminum air putih akan sangat baik bagi kesehatan jantung utamanya saat ia berdebar dengan sangat kencang. Lihat : Tips Mencegah Penyakit Jantung

4. Mengatur nafas

Salah satu penyebab dari jantung yang berdebar adalah akibat banyak pikiran, stress, dan depresi. Saat itu terjadi tentunya rasa stress akan mempengaruhi nafas dan mengakibatkan kurangnya pasokan udara atau oksigen ke dalam jantung. Hal itulah yang sangat berpotensi untuk membuat jantung anda berdebar dengan kencang.

5. Mandi dengan air dingin

Mungkin terdengar sedikit ekstrim, namun mencoba mandi dengan menggunakan air dingin saat jantung anda berdebar kencang merupakan salah satu alternatif yang bisa anda lakukan. Air dingin saat menyentuh jaringan kulit dipercaya mampu mengatur kembali debaran jantung agar bisa kembali normal. Namun ingatlah untuk tidak terlalu berlama-lama menghindari agar anda tidak terserang flu. Saat anda mulai menggigil maka jantung anda akan secara perlahan mengatur pola detakannya agar bisa lebih melambat.

6. Mengubah Pola Makan

Jika telah mengetahui bahwa jantung selalu saja berdebar dengan kencang secara tiba-tiba dan telah mencoba cara diatas, maka hal yang harus anda lakukan agar kejadian ini tidak terus berulang adalah mengubah pola makan. Saat makanan yang anda konsumsi banyak mengandung kolestrol, hal itu akan membuat anda sangat berpotensi terserang penyakit jantung. Sebab bisa saja jantung yang berdebar tadi merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Oleh karena itu selain mengubah pola makan, alangkah baiknya anda juga bisa menghubungi dokter dan memeriksa kesehatan jantung anda. Baca : Menyehatkan Jantung Agar Tetap Kuat

Beberapa cara diatas merupakan cara mengatasi jantung yang berdebar tiba-tiba. Semoga cara tersebut bisa memberikan manfaat serta mampu membuat anda kembali menjaga kesehatan jantung anda sebagai sebuah harta dalam tubuh kita. Terima kasih.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Jantung yang Berdebar Tiba - Tiba"

Post a Comment