9 Tips Bisnis Dari Kesuksesan Starbuck yang Mesti Dipelajari

Tips Usaha - Bisnis kedai kopi terbesar di dunia yang tersebar di 65 negara dengan lebih dari 21.000 outlet bernama Starbuck pasti tidak asing di telinga Anda. Bisnis yang berpusat di Amerika Serikat mulai dibangun dari tahun 1971 dan masih eksis hingga sekarang. Untuk melihat rahasia sukses Starbuck simak beberapa uraian dibawah ini.

Tips Bisnis Dari Kesuksesan Starbuck

Kunci Kesuksesan Starbuck yang Baik Untuk Diketahui

1. Mengutamakan Misi
Misi ini akan menumbuhkan semangat manusia, dalam suatu waktu, untuk setiap orang, dengan secangkir kopi dan satu lingkungan. Resep ini menjadikan Starbuck mampu bertahan di tengah persaingan hingga 4 dekade lamanya. Starbuck banyak dijadikan tempat mencari ketenangan ditengah padatnya aktifitas kerja maupun hanya untuk ngobrol santai.

Lihat Juga : Tips Meningkatkan Modal Bisnis

2. Menanyakan sesuatu kepada pelanggan
Sapaan yang akan selalu Anda dengan dari pelayan di Starbuck adalah “apa yang Anda cari?”. Cara ini menjadi khas pelayanan Starbuck yang membantu pelanggan memilih keinginannya segera terpenuhi.

3. Mengenal masing-masing karyawan dan pelanggan
Keduanya merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. Cara yang dilakukan Starbuck adalah dengan menyapa dan mengajak berbicara pelanggan dan karyawan. Cara ini digunakan untuk memberikan kenyamanan datang ke outlet Starbuck.
4. Melatih tanggung jawab
Cara ini dilakukan dengan sikap cekatan dari setiap karyawan yang melakukan kesalahan, terlebih terhadap pelanggan. Karyawan diajarkan untuk bertanggung jawab dengan meminta maaf hingga memperbaiki kenyamanan pelanggan akibat kesalahan tersebut. Profesionalitas inilah yang dilatih Starbuck kepada karyawannya sehingga bisnisnya dapat terjaga hingga sekarang.

5. Konsisten 
Kestabilan yang dapat dilihat dari eksistensinya hingga sekarang diraih Starbuck dengan cara melatih konsistensinya. Cara ini membuat Starbuck dapat berkembang dengan signifikan di setiap tahunnya.

6. Terus berinovasi
Dari awal berdirinya, sudah tidak terhitung lagi inovasi yang dilakukan Starbuck. Hingga saat ini, inovasi yang diberikan adalah layanan wi-fi gratis pada outletnya dan pembayaran melalui aplikasi iPhone.

Baca Juga : Cara Agar Cafe Ramai Pengunjung

7. Memaksimalkan media sosial
Kaitan erat antara media sosial dan kehidupan sehari-hari digunakan Starbuck untuk meraih kesuksesannya. Kini Starbuk kembali memaksimalkan promosinya melalui sosial media berupa instagram. 

8. Bergerak beda dari perusahaan lain
Meskipun butuh keberanian dalam melakukannya, namun cara ini efektif. Menjadi unik memang tidak salah, melainkan memberikan efek berbeda. Tidak hanya berbeda, kesuksesan diraik Starbuck karena melakukan yang perusahaan lain tidak lakukan.

9. Pemilihan mitra yang tepat
Ini adalah kunci suksesnya, Starbuck telah bekerja sama dengan Barnes Noble dan Apple untuk memajukan bisnisnya.

Nah, Seperti itulah cara yang diterapkan oleh Sturbuck untuk menggapai kesuksesan. Semoga dengan penjelasan diatas sahabat klikcara.com dapat meraih keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha.

0 Response to " 9 Tips Bisnis Dari Kesuksesan Starbuck yang Mesti Dipelajari"

Post a Comment