3 Cara Membudidayakan Lobster Air Tawar untuk Pemula

Tips Budidaya - Berbagai bisnis akan dilakukan masyarakat untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis lobster air tawar. Pasalnya belum banyak orang yang melakukan bisnis ini, sedangkan permintaan semakin bertambah setiap harinya. Lobster pun kini juga dapat dikembangkan dalam lokasi yang Anda pilih. Anda dpaat membudidayakan lobster dalam terpal maupun kolam tanah. Namun, Anda harus melakukan perawatan yang tepat agar budidaya lobster dapat berkembang dan menguntungkan Anda.

Cara Membudidayakan Lobster Air Tawar untuk Pemula

Berikut ini beberapa cara mudah untuk membudidayakan lobster air tawar yang dapat Anda tiru dan lakukan. Berikut inilah budidaya lobster air tawar yang mudah bagi pemula:

Panduan yang Mudah untuk Budidaya Lobster Air Tawar

1. Habitat lobster
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan habitat dari lobster air tawar tersebut. Apakah Anda akan membudidayakan lobster dalam aquarium, kolam semen, kol am tanah atau kolam terpal. Anda juga harus mempersiapkan dengan seksama dan sebenar-benarnya. Namun, bagian terpentingnya adalah Anda harus memberi air seminggu sebelum penebaran benih lobster ke dalamnya. Khususnya jika Anda menggunakan air PAM yang mengandung kaporit. Dengan membiarkannya selama satu minggu, maka hal ini dapat menghindarkan serta membersihkan air tersebut dari kaporit serta bau air dari tanah.

Baca juga : Cara Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

2. Pemberian pakan
Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan lobster air tawar adalah bagaimana Anda dapat memberikan pakan sesuai kebutuhan tubuh lobster Anda, bahkan lebih. Hal ini sangat penting karena lobster memiliki sifat kanibalisme seperti halnya lele ketika asupan makanan mereka kurang, maka yang akan menjadi santapan mereka adalah lobster lain. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberi paralon di dasar kolam. Baik itu kolam akuarium maupun kolam semen serta tanah, paralon tersebut akan sangat berguna bagi lobster yang sedang berkembang biak maupun sebagai tempat sembunyi lobster kecil dari lobster besar yang akan memangsanya. Selain itu, jangan lupa memberi ventilasi pada paralon tersebut agar dapat memudahkan Anda untuk mengontrolnya.

Lihat juga : 6 Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

Hewan air yang satu ini ternyata mengalami pergantian kulit sama dengan ular. Pada saat pergantian kulit inilah saat di mana lobster sangat lemah serta berpotensi menjadi sasaran santapan lobster lainnya saat asupan makanan berkurang. Namun setelah pergantian kulit selesai, ukuran lobster biasanya akan bertambah besar. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi serta sore hari dan menjelang malam hari. Pakan yang dapat Anda berikan adalah;
  • Jagung basah diparut serta sayuran lain
  • Ketela pohon diparut
  • Pellet
  • plankton
 3. Memilih bibit
Bibit dapat diperoleh dengan mengawinkan lobster betina serta jantan yang dapat dibedakan berdasarkan warna capitnya. Untuk bibit yang baik, sebaiknya pilih yg ukurannya 1 inci hingga 2 inci.

Demikian penjelasan klikcara.com tentang cara ternak budidaya lobster air tawar. Semoga dengan tips diatas anda dapat memulai usaha peternakan dan mendapatkan untung yang bayak dari usaha lobster anda.

0 Response to " 3 Cara Membudidayakan Lobster Air Tawar untuk Pemula"

Post a Comment