7 Cara Mudah Budidaya Ternak Burung Love Bird Bagi Pemula

Tips Usaha - Cara budidaya ternak burung love bird. Salah satu jenis usaha yang terbilang cukup menjanjikan di tahun 2000 hingga awal tahun 2011 adalah usaha budidaya burung love bird. Saat ini pun semakin banyak orang yang menjalankan usaha tersebut. Jumlah peternak burung love bird yang banyak itulah yang bisa mempengaruhi nilai jual burung tersebut. Cara beternak burung love bird tidaklah sulit sebab hampir sama dengan cara beternak burung kenari. 

Bagi Anda yang baru akan memulai beternak burung love bird, Anda bisa beternak burung tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dan dapat memperoleh banyak anakan asalkan Anda mengetahui cara beternak burung love bird yang baik dan benar.

Cara Mudah Budidaya Ternak Burung Love Bird

Panduan Cara Sukses Budidaya Ternak Burung Love Bird

Memilih Indukan Love Bird yang Siap Kawin
Jenis burung love bird yang banyak diminati oleh para peternak burung love bird adalah jenis kacamata dan klep. Untuk love bird berkelamin jantan, pilihlah yang sering mengeluarkan bunyi dan menarik perhatian. 

Cara Mudah Beternak Love Bird
Beberapa faktor yang mempengaruhi burung love bird untuk cepat menghasilkan anakan di antaranya yaitu umur, warna, dan panjang ekor. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka akan bisa memudahkan Anda dalam beternak love bird.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Ternak Burung Merpati Hias yang Menguntungkan

Cara Membedakan Burung Love Bird Jantan dan Betina
Anda sebaiknya memahami perbedaan antara burung lovebird berkelamin jantan dan betina. Burung love bird jantan memiliki ciri-ciri badan yang tegak, ujung ekor agak runcing, dan agak kaku jika diraba. Sedangkan burung love bird betina bercirikan badan lebih bulat dan tidak terlalu tegak, kurang aktif, dan ujung ekor yang melebar.

Persiapan Kandang Beternak Love Bird
Buatlah kandang untuk beternak love bird dengan ukuran 2m x 2m x 1,5 m. Anda perlu meletakkan wadah berisi makanan dan minuman di dekat tempat yang dijadikan sebagai kamar atau sarang burung love bird.

Lihat juga : 6 Peluang Bisnis Dari Penghobi Burung Kicau

Cara Mengawinkan Love Bird
Burung love bird jantan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kandang setelah itu disusul dengan burung love bird betina.

Pasca Bertelur
Waktu yang diperlukan untuk menunggu telur menetas yaitu 18 hari. Minuman dan makanan tetap diberikan supaya proses pengeraman bisa berhasil secara maksimal.

Penanganan Pasca Menetas
Sebelum anakan love bird keluar sendiri dari sarang, Anda harus membiarkan indukan merawat anaknya. Berilah makanan yang lembut untuk anakan love bird sampai usia mereka mencapai dua minggu.

Itulah cara budidaya ternak burung love bird yang baik dan benar. Dengan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan burung love bird yang Anda ternakkan bisa menghasilkan banyak anakan sehingga dapat memperoleh keuntungan yang besar. Semoga informasi yang telah dibahas dapat bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Mudah Budidaya Ternak Burung Love Bird Bagi Pemula"

Post a Comment