Cara Sukses Ternak Kambing dan Memelihara Agar Cepat Berkembang Biak

Tips Usaha - Kebanyakan orang yang berprofesi sebagai petani dan tinggal di pedesaan, beternak kambing merupakan jenis kegiatan yang sudah biasa dilakukan. Selain kambing, hewan lain seperti ayam dan sapi juga dimiliki oleh sebagian besar masyarakat pedesaan. Beternak kambing, sapi maupun ayam dapat dijadikan sebagai usaha yang bisa menghasilkan banyak keuntungan sebab nilai jual hewan-hewan tersebut cukup tinggi.

Cara Ternak dan Memelihara Kambing

Panduan Cara Beternak dan Memelihara Kambing Agar Cepat Berkembang Biak

Meskipun kambing memiliki nilai ekonomi yang tinggi, masih banyak masyarakat pedesaan yang hanya memelihara kambing dalam jumlah terbatas dan tidak menargetkan berapa banyak jumlah kambing yang harus dimiliki dalam waktu satu bulan atau satu tahun. Hal tersebut cukup disayangkan karena pemeliharaan kambing tersebut hanya dijadikan sebagai tradisi semata dan sebagai harta simpanan yang kelak dijual apabila mereka membutuhkan uang untuk keperluan mendesak.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beternak kambing bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan memiliki prospek yang menjanjikan. Hal itu akan bisa diwujudkan jika usaha beternak kambing dijalankan dengan sungguh-sungguh. Beternak kambing tidak hanya menghasilkan banyak keuntungan karena tingginya permintaan daging kambing namun juga tidak sulit untuk dilakukan. Sebagian besar pekerjaan utama masyarakat pedesaan adalah bertani dan hal itu yang menyebabkan mereka tidak menjalankan usaha beternak kambing.

Baca juga : Cara Menggemukkan Sapi dengan Cepat

Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari beternak kambing yaitu keuntungan secara finansial dari hasil penjualan daging dan kotoran kambing yang bisa dijadikan pupuk. Selain itu, kambing merupakan hewan yang cepat berkembang biak. Berbeda dengan sapi yang membutuhkan waktu delapan bulan untuk menghasilkan anakan sejak awal mengandung, kambing cukup memerlukan waktu sekitar 145-155 hari sejak mengandung hingga beranak.

Dalam beternak kambing, hal penting yang harus diperhatikan adalah memilih indukan. Pilih kambing betina yang belum pernah beranak sebelumnya dan dalam kondisi sehat. Untuk memberi pakan kambing, berilah makanan yang disukai oleh kambing. Menurut para peternak kambing yang sudah berpengalaman, kambing biasanya menyukai makanan dari daunan segar seperti daun nangka, daun kacang, dan daun singkong. Pelepah pisang dan daun jati kering juga bisa dijadikan alternatif makanan kambing yang lain saat musim kemarau tiba. Alasannya, pada musim kemarau cukup sulit untuk mendapatkan rumput atau daun-daunan.

Lihat juga : Cara Sukses Beternak Bebek Petelur yang Benar Bagi Pemula

Beternak kambing tidak sama dengan beternak sapi yang membutuhkan banyak modal. Dengan modal kurang lebih 2,5 juta rupiah para pemula sudah bisa memulai menjalankan usaha beternak kambing. Sebelum memulainya, satu hal yang perlu dipersiapkan adalah kandang. Bambu atau kayu dapat dijadikan bahan untuk membuat kandang. Ada baiknya kandang tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Guna memudahkan membuang kotoran, buatlah kandang dengan sistem panggung.

Demikianlah ulasan mengenai cara beternak dan memelihara kambing. Semoga bermanfaat bagi sahabat yang ingin memulai usaha peternakan.

0 Response to "Cara Sukses Ternak Kambing dan Memelihara Agar Cepat Berkembang Biak"

Post a Comment