Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Tips Usaha - Cara budaya ikan lele di kolan terpal. Saat ini banyak pengusaha muda yang tertarik dengan usaha budidaya ikan lele sebab usaha tersebut sedang banyak dicari oleh masyarakat. Selain itu, membudidayakan ikan lele dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Hal itulah yang juga membuat para lulusan sarjana mencoba peruntungan dengan menjalankan usaha ternak ikan lele meskipun jurusan mereka bukan jurusan peternakan. Beternak ikan lele tidak memerlukan modal yang besar. Dalam beternak pun mulai dari pembibitan hingga pembesaran tidaklah sulit untuk dilakukan.

Panduan Cara Sukses Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam TerpalBagi Anda yang baru memulai usaha ternak ikan lele, berikut cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang baik dan benar.
Cara Memulai Budidaya Ikan Lele
Sebelum Anda memulai membudidayakan ikan lele siapkan terlebih dahulu modal dan pengetahuan mengenai cara beternak ikan lele seperti misalnya pembibitan dan pemijahan.

1. Keunggulan Budidaya Ikan Lele
Untuk Anda yang masih ragu-ragu membudidayakan ikan lele, ada baiknya Anda mengetahui beberapa keunggulan budidaya ikan lele. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain:
o Mudah dilakukan.
o Membutuhkan modal yang sedikit.
o Pengaturan ikan di kolam terpal bisa dilakukan dengan mudah.
o Pemanenan cukup praktis.
o Mudah mengontrol air di kolam terpal.
o Dapat menentukan habitat ikan lele dari media terbaik tanpa perlu mengkhawatirkan habitat tersebut terkontaminasi oleh air tanah.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Mas

2. Langkah-langkah Ternak Ikan Lele
Apabila Anda sudah yakin untuk beternak ikan lele, selanjutnya Anda harus memahami dan menerapkan langkah-langkah beternak ikan lele. Berikut langkah-langkahnya:
  • Menghitung jumlah bibit ikan lele yang akan dibudidayakan di dalam kolam terpal. Jumlah bibit tersebut sebaiknya disesuaikan dengan modal yang Anda miliki sebab jumlah bibit sangat berhubungan erat dengan luas kolam terpal untuk budidaya ikan lele Anda.
  • Membuat kolam terpal dengan menggunakan perbandingan yang tepat. Seperti misalnya kolam dibuat berdasarkan ukuran 100 ekor ikan lele per 1 meter persegi luas lahan dengan tinggi kolam mencapai 1,5 meter.
  • Menyiapkan terpal dengan ukuran yang lebih besar dari galian tanah. Sisakan terpal sepanjang setengah meter yang bisa dilihat dari luar. Terlebih dahulu galian tanah harus dibersihkan dari kerikil atau batu-batuan sebelum memasang terpal tersebut.
  • Memasukkan air ke dalam terpal yang mengandung plankton. Air tersebut juga harus tercampur dengan kompos sapi dan dibiarkan tiga hari lamanya. Berikutnya bibit ikan lele siap dimasukkan ke dalam kolam terpal.

Itulah cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang baik dan benar bagi para pemula. Dengan memperhatikan dan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan akan bisa menghasilkan ikan lele dalam jumlah yang banyak sehingga kelak dapat menjadi pengusaha ternak ikan lele yang sukses dan berhasil. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal"

Post a Comment