3 Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan yang Dianjurkan

Tips Diet Sehat - Bulan ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa. Segala macam persiapan dilakukan dalam menjalankan puasa. Selain itu adapula beberapa orang yang memanfaatkan bulan puasa ini untuk menjalankan diet agar mendapatkan tubuh yang langsing. Tentu saja, di bulan ramadhan anda akan kurang makan karena harus menahan lapar dan haus. Tetapi itu tidak akan menjamin bahwa jika menganggap berpuasa di Bulan Ramadhan mampu membuat tubuh anda langsing.

Mengapa? Sebab, banyak orang yang setelah bulan ramadhan tetap saja bertambah berat badan. Hal ini disebabkan oleh beragam alasan salah satunya adalah tidak bisa mengontrol makan saat berbuka.

Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan

Berikut Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan

1. Memperhatikan Menu Berbuka
Saat buka puasa tiba anda jangan dikendalikan oleh rasa lapar saat puasa dan menyantap segala hidangan seperti kesurupan. Banyak sekali orang yang melakukan kebiasaan dengan menyantap seluruh menu yang disediakan. Dimulai dengan minum sirup, es buah, kue bahkan menyantap nasi dengan porsi besar. Seperti orang yang membalas dendam semua makanan habis disantap. Walaupun anda sangat lapar dan merasa harus mengganti energi anda, janganlah dengan cara seperti itu. Anda harus tetap mengurangi dan memperhatikan menu berbuka bahwa ia tidak mengandung gula yang banyak. Jika anda membutuhkan gula agar energi kembali, maka anda bisa memakan kurma dan buah-buahan lainnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

2. Asupan Cairan yang Cukup
Untuk menurunkan berat badan serta mempertahankan tubuh langsing anda maka penting untuk memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyaklah minum saat sahur dan berbuka sehingga seluruh kerja metabolisme tubuh juga tetap lancar meskipun anda berpuasa. Upayakan agar anda bisa mencukupi setidaknya 2 liter saat sahur dan saat berbuka 3 liter. Hal ini juga bisa mencegah anda tidak begitu banyak makan saat berbuka.

3. Lakukan Olahraga
Jangan menjadikan bulan Ramadhan adalah bulan bermalas-malasan sebab anda tidak boleh makan dan minum hingga magrib tiba. Banyak pula yang beralasan untuk tidak berolahraga saat ia sedang berpuasa karena takut kecapean dan loyo. Namun hal ini adalah mitos belaka. Bahkan olahraga sebenarnya mampu menjaga anda tetap fit dan tidak menjadikan anda mudah kelelahan. Olehnya itu tetaplah berolahraga ringan saat puasa sehingga aktifitas diet anda juga bisa tetap terjaga. Seperti umumnya diketahui, olahraga sangatlah ampuh untuk menurunkan berat badan anda.

Lihat : Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Itulah beragam tips diet yang sehat bahkan saat anda sedang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Jangan biarkan anda terlena dengan berpuasa dan menganggap bahwa puasa saja sudah cukup untuk melangsingkan badan anda. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti jenis makanan dan juga aktifitas ramadhan. Terima kasih dan selamat mencoba.

0 Response to "3 Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan yang Dianjurkan"

Post a Comment