Anda Hamil Tapi Ingin Puasa? Perhatikan 6 Hal ini...

klikCARA.com - Saat seorang wanita sedang hamil maka akan menjadi dilema baginya saat memasuki bulan puasa. Apakah ia akan puasa atau tidak? Apakah membahayakan janin atau tidak? Apakah akan mengurangi asupan gizi janin atau tidak? Pertanyaan tersebut satu persatu muncul.

Jika anda memutuskan untuk berpuasa meski sedang hamil juga tidak ada masalah. Namun sebaiknya perhatikan beberapa hal ini dulu sebelum anda memutuskan akan berpuasa atau tidak selama bulan puasa.

Berikut Tips yang Baik Jika Ibu Hamil Ingin Berpuasa Ramadhan

1. Konsultasikan dengan dokter atau bidan

Pastikan dulu apakah anda sudah berkonsultasi dengan bidan atau dokter anda mengenai apakah anda akan puasa sebelum memutuskannya. Dokter anda tentu akan tahu bagaimana riwayat kesehatan anda dan juga janin anda. Sebab beberapa penelitian telah membuktikan bahwa berpuasa tidak akan mengganggu kelahiran bayi.

2. Riwayat kesehatan anda

Sebaiknya anda juga mengkonsultasika riwayat kesehatan anda sendiri kepada dokter. Jika kenaikan berat badan anda belum ideal saat hamil maka anda sebaiknya jangan berpuasa terlebih dahulu. Juga jika anda memiliki riwayat anemia, diabetes, tekanan darah abnormal maka pertimbangkanlah untuk berpuasa. 

3. Aktivitas yang terkontrol

Kontrollah aktifitas anda selama berpuasa dengan mempertimbangkan usia kehamilan anda. Saat kehamilah anda baru pada trisemester pertama maka akan sering muncul gejala morning sickness yang akan mengganggu puasa anda.


4. Perhatikan gizi seimbang

JIka anda memutuskan untuk berpuasa maka anda sebaiknya tetap memperhatikan kebutuhan janin anda atas nutrisi dan gizinya. Perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh anda dengan baik.

5. Cairan tubuh sangat penting

Perhatikan pula cairan tubuh anda saat berpuasa. Sehingga makanlah banyak sayuran dan buah saat sahur dan juga sebaiknya banyak minum saat malam hari agar kebutuhan cairan janin terjaga dengan baik.

6 Berfikirlah positif

Tetaplah berpikir positif bahwa anda bisa menjalankan puasa ramadhan dengan baik meski sedang hamil. Hindari untuk berpikir yang macam-macam agar anda tidak stress dan juga bisa membuat anda tetap fit meski puasa dalam kondisi hamil.
Nah itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda berpuasa. Selamat mencoba ibu hamil. Terima kasih.

0 Response to "Anda Hamil Tapi Ingin Puasa? Perhatikan 6 Hal ini..."

Post a Comment