4 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

klikCARA.com - Pada kesempatan kali ini saya mempunyai sebuah informasi penting untuk saya bagikan kepada anda, dimana informasi yang akan saya bahas kali ini mengenai emas. Emas adalah jenis logam yang sangat berharga dan di inginkan oleh setiap orang, emas juga di jadikan sebagai perhiasan untuk mempercantik penampilan seorang wanita. Emas merupakan sebuah investasi yang sangat menguntungkan, harga emas selalu naik dari tahun ke tahun. Namun, untuk investasi emas ini saya sarankan anda untuk membeli emas batangan atau koin saja, karena harga emas dalam bentuk perhiasan bisa saja turun. Karena emas merupakan logam yang sangat berharga, maka banyak juga emas palsu yang beredar di pasaran. Jika anda tidak dapat membedakan emas asli dan palsu maka anda dapat memperhatikan tips mengenai Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu.

Kekhawatiran seringkali muncul saat kita hendak membeli emas, kita takut emas tersebut palsu. Emas palsu adalah emas yang kadarnya kurang dari 10 karat. Namun kekhawatiran tersebut harus di atasi dengan menambah pengetahuan kita mengenai emas. Nah, tips di bawah ini akan sangat bermanfaat untuk anda.

  Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu  

emas asli dan palsu
Ilustrasi Emas Batangan
Berikut 4 cara membedakan emas asli dan palsu.

 1  Digosokan Pada Keramik
Untuk menguji apakah emas tersebut asli atau palsu anda dapat menggosokan emas tersebut pada lantai keramik. Jika setelah di gosok warna emas tergores menjadi hitam maka dapat di pastikan emas tersebut palsu, dan jika warna emas tidak berubah artinya emas tersebut asli.
 2  Menggunakan Magnet
Cara yang kedua ini kita akan mengetesnya menggunakan medan magnet, karena kita tau magnet dapat menarik benda yang terbuat dari logam. Jika emas yang di dekatkan pada magnet menempel maka emas tersebut palsu karena emas asli tidak memiliki daya magnet. Cara ini sangat mudah dan sederhana sekali.

 3  Emas Asli Akan Terasa Berat
Cara yang selanjutnya cukup simpel, dengan memegang dan melontar lontarkan emas sambil merasakan berat emasnya. Emas yang asli meskipun lembut namun akan terasa berat dan berisi, emas palsu biasanya akan terasa sangat ringat meskipun berat gram nya sama.

 4  Alat Pengetes Emas
Cara terakhir ini akan langsung menggunakan alat nya yang modern. Alat ini sangat akurat dan tidak akan memberikan informasi yang salah, namun masalahnya harga dari alat pengetes emas ini sangat mahal, jadi anda bisa meminjamnya sebentar ketika berada di toko emas atau pegadain dengan membayarkan sedikit uang sebagai tanda terima kasih telah meminjam alatnya.

Jangan Lewatkan Tips Menarik Lainnya :

Barangkali hanya itu saja informasi mengenai emas yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga setelah membaca tips yang saya berikan tadi dapat membantu anda dalam membedakan emas asli dan palsu. Akhir kata saya sampaikan terima kasih telah membaca Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu. Semoga dengan tips diatas sahabat klikCARA.com dapat mengetahui emas asli dan emas palsu.

0 Response to "4 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu"

Post a Comment