5 Tips Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

klikCARA.com - Pada kesempatan kali ini saya mempunyai sebuah informasi unik dan menarik dalam hal menjaga persediaan bahan makanan supaya awet dan tahan lama. Sudah merupakan hal yang biasa jika kita membeli makan dalam jumlah yang banyak, hal ini mungkin ditujukan sebagai persediaan untuk beberapa hari atau minggu kedepan. Namun, terkadang makanan yang kita jadikan persediaan ini sudah membusuk dalam beberapa hari saja sehingga sangat mubazir makanan tersebut karena terbuang percuma. Nah, dalam pembahasan kali ini saya memiliki beberapa tips jitu untuk menjaga makanan agar tetap awet yang terangkum dalam 5 Tips Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama.

Seringnya membeli makanan dalam jumlah banyak dan terbuang karena kadaluwarsa mungkin akan membuat anda jengkel, belum waktunya belanja anda harus mengeluarkan uang lagi. Jadi sangat boros dan tidak ekonomis, supaya lebih hemat ada baiknya juga bila anda mencoba tips di bawah ini.

  Tips Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama  

makanan yang tahan lama
Ilustrasi Memilih Makanan yang segar
Berikut lima cara menyimpan makanan agar tahan lama.

1. Menyimpan Kentang dan Apel Bersama
Kentang dan apel

Apabila anda membeli kentang dalam jumlah banyak maka harus lebih hati-hati karena kentang cepat sekali membusuk. Untuk mengatasinya kita dapat menyimpan kentang dan buah apel dalam satu wadah. Buah apel ini membantu mencegah tumbuhnya tunas pada kentang.

2. Mencuci Buah Berry Memakai Cuka
Buah Berry

Buah seperti strawberry, blueberry, dan buah berry lainnya memiliki rasa khas yang nikmat. Namun, buah berry ini sangat mudah dan cepat sekali membusuk. Sehingga jika anda yang ingin menyimpannya dalam beberapa hari harus mencucinya dengan cuka. Cuka dapat membunuh bakteri penyebab pembusukan, caranya anda cukup mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:3, kemudian cuci buah beri dan keringkan memakai lap sebelum disimpan.

3. Mengoles Keju Dengan Mentega
Keju Dengan Mentega

Bagi pecinta keju, jangan pernah menyimpan keju pada suhu ruangan karena dapat memicu timbulnya jamur pada keju. Bila disimpan pada lemari es keju akan mengering, serba salah memang. Supaya keju tidak mengering olesi dulu dengan mentega pada permukaannya.

4. Simpan Tomat Pada Posisi Terbalik
Tomat

Jangan mengira jika tomat disimpan pada lemari es tidak cepat busuk, tomat akan lebih tahan lama jika berada pada suhu ruangan namun dengan catatan posisi bekas tangkai dibawah. Hal ini membantu mencegah masuknya udara yang dapat mempercepat pembusukan.

5. Jangan Mencuci Sayuran
sayuran

Jangan mencuci sayuran jika selanjutnya akan anda simpan dalam beberapa hari. Simpanlah sayuran seperti bayam, brokoli, dan wortel pada plastik lalu masukan pada lemari es, dan barulah anda cuci ketika hendak memasaknya.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Makanan Lainnya :

Nah, itulah tadi lima cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga makanan anda tahan lama. Akhir kata saya sampaikan telah membaca tips tentang 5 Tips Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama. Semoga dengan tips diatas sahabat klikcara.com dapat membuat makanan tidak cepat basi dan baik untuk di konsumsi. 

0 Response to "5 Tips Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama"

Post a Comment